Kebiasaan Berlibur Warga Indonesa [medium]

Kebiasaan Berlibur Warga Indonesa

PinkKorset.com, Jakarta – Tiap negara memiliki kebiasaan yang bervariasi mengenai aktivitas liburan mereka. Bagaimana dengan warga Indonesia?

Orang Asia, termasuk Indonesia ternyata suka melakukan perjalanan bersama keluarga. Hal itu terlihat dari frekuensi liburan yang mereka lakukan, hingga rata-rata lima kali dalam setahun.

Demikian menurut riset Agoda bertajuk ‘Family Travel Trends 2018′ yang diterima PinkKorset.com.

Sebagian besar orang Indonesia mengajak anggota keluarga inti saat liburan keluarga (81%). Meskipun ada pula yang pergi rombongan dengan keluarga besar (31%) atau bersama kakek-nenek atau cucu (54%).

Liburan keluarga dinilai penting, karena tingkat kesibukan serta berbagai aktivitas lain yang menyita waktu. Terlihat dari motivasi utama wisatawan Indonesia dalam berlibur adalah memiliki waktu berkualitas bersama keluarga (68%). Motivasi lain liburan adalah ingin bersantai atau berelaksasi (52%), dan ada pula yang ingin mencoba hal baru (49%).

Untuk urusan bermalam, durasi menginap paling populer yang biasa dilakukan orang Indonesia selama liburan keluarga adalah 1-3 malam. Kendati cukup singkat, namun dengan frekuensi bepergian yang lebih sering, berwisata dinilai lebih mengasyikkan.

Namun, bepergian dengan keluarga bukannya tanpa masalah. Menurut riset, kekhawatiran terbesar orang Indonesia adalah saat ada anggota keluarga yang sakit saat liburan (47%). Mereka juga mengkhawatirkan kualitas akomodasi (19%), serta terjadinya perbedaan pendapat dengan anggota keluarga lain (13%).