Masyarakat Indonesia Kurang Kuasai Bahasa Inggris [content]

Masyarakat Indonesia Kurang Kuasai Bahasa Inggris

PinkKorset.com, Jakarta – Sebagian besar masyarakat Indonesia ternyata kurang menguasai bahasa Inggris.

Riset English First (EF) English Proficiency Index 2017 menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan penguasaan bahasa Inggris cukup rendah.

Dari 80 negara di dunia yang diriset, Indonesia berada di posisi 39. Sementara dibandingkan 20 negara Asia, Indonesia berada di urutan 10.

Di tingkat nasional sendiri, penguasaan bahasa Inggris di tiap wilayah di Indonesia berbedap-beda.

Misalkan saja masyarakat Jakarta, Yogyakarta dan Bali yang memiliki kemampuan bahasa Inggris level sedang.

Lalu masayarakat di wilayah Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Jawa tengah, Sumatera Selatan dan Kep. Riau yang berkemampuan bahasa Inggris rendah.

Sedangkan masyarakat yang memiliki kemampuan bahasa Inggris level sangat rendah berada di Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Kondisi ini cukup memprihatinkan. Pasalnya, pada era globalisasi ini, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan masyarakat dunia.

Kemampuan berbahasa Inggris yang rendah ini tentu saja menurunkan daya saing Indonesia di dunia internasional.

Melihat hal ini, EF melakukan berbagai inovasi agar semakin banyak masyarakat Indonesia memiliki akses mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris.

Sebagai bagian dari misi Opening The World Through Education dan untuk meningkatkan minat kaum muda dan profesional bergabung, EF Adults memperbanyak center di Jakarta dan Surabaya.

Tidak hanya mengaplikasikan interior yang muda, fresh dan kekinian, EF Adults juga menyajikan berbagai metode pengajaran.

“Investasi dalam inovasi dan pola pendekatan non tradisional ini merupakan upaya mencapai hasil yang terbaik,” ucap Head of Marketing EF Adults Evan Januli dalam keterangan tertulis di Jakarta beberapa waktu lalu.