Kenali Perawatan Dasar Kulit Tropis [beautygarden]

Kenali Perawatan Dasar Kulit Tropis

PinkKorset.com, Jakarta – Orang-orang yang tinggal di daerah tropis membutuhkan perawatan kulit khusus karena paparan sinar matahari.

Wilayah tropis terpapar banyak sinar matahari ketimbang di daerah subtropis. Sehingga perawatan kulit paling utama di negara tropis seperti Indonesia adalah perlindungan dari sinar matahari.

“Karena penuaan dini kulit lebih cepat dialami orang yang sering terpapar sinar matahari,” ucap Ahli Kulit dr. Anesia Tania SpKK dalam acara Ristra Cosmetodermatology di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Perlindungan kulit dari sinar matahari dapat berupa fisik dan kimia. Bentuk proteksi fisik yakni menggunakan topi, payung maupun kacamata hitam. Sementara perlindungan kimia melalui penggunaan sunscreen.

Sunscreen lebih protektif dibandingkan sunblock karena memiliki spektrum luas. Sunscreen melindungi kulit dari sinar UV A (pemicu penuaan) dan UV B (pemicu kulit terbakar) yang ditandai kadar SPF dan PA. Sementara sunblock hanya melindungi dari UV B saja.

Kebutuhan SPF berbeda tergantung lama aktivitas. Kulit penduduk tropis cukup menggunakan SPF 15 dengan aplikasi ulang sunscreen setiap 2-3 jam.

“Semakin terang kulit maka semakin tinggi SPF. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum beraktivitas,” sambungnya.

Selain itu, prinsip perawatan kulit harus disesuaikan dengan tipe kulit, misalnya normal, berminyak, kering atau tipe kulit 1-6 (tingkat kadar pigmen kulit).

Brand Manager Ristra Cosmetodermatology Lianne Cynthia menambahkan, Ristra Cosmetodermatology diformulasikan untuk kulit tropis dengan memadukan konsep kecantikan dan kesehatan kulit. Seri perawatan kulit ini meliputi perawatan dasar, perawatan kulit kering, sensitif, whitening, perawatan anti aging, perawatan khusus acne, hair care dan produk make up.

“Kami selalu menekankan bahwa selain memilih produk tepat, cara perawatan kulit juga harus tepat,” katanya.

Empat tahap perawatan kulit dasar ala Ristra.

1. Double cleansing
Gunakan susu pembersih dan sabun wajah. Caranya oleskan dan pijat susu pembersih pada wajah serta leher dari arah bawah ke atas. Lalu angkat kotoran dengan kapas.

Setelah itu Anda bisa menggunakan scrub cream untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Aplikasikan 2-3 kali sepekan atau cukup satu kali untuk kulit wajah kering dan sensitif. Kemudian bersihkan wajah dengan sabun pembersih muka. Sabun muka dapat digunakan pada pagi dan malam hari.

2. Toning
Toner berfungsi menyegarkan sekaligus mengembalikan keseimbangan pH alami kulit.

3. Moisturizing
Aplikasikan pelembang untuk menutrisi kulit. Oles dan pijat lembut pelembab pada wajah dari arah bawah ke atas mengikuti garis tumbuh rambut agar meresap ke dalam kulit.

4. Sunscreen
Oleskan sunscreen pada wajah dan leher dengan kadar SPF sesuai kebutuhan. Aplikasikan sunscreen setiap pagi hari dan gunakan kembali bila diperlukan.

Lianne menyarankan menggunakan produk perawatan kulit yang teregistrasi BPOM, hindari produk jenis lengket dan creamy serta pH cocok dengan kulit Asia (4,5-5,5).

“Sebaiknya gunakan satu merek untuk cleansing, toner hingga pelembab. Jika berbeda, cek komposisi bahan sehingga tidak ada ingredient yang berulang,” pungkasnya.