Marandang Nusantara Surganya Penikmat Randang [rendang nenek]

Marandang Nusantara Surganya Penikmat Randang

Marandang Nusantara menyuguhkan aneka jenis dan kisah di balik randang serta beragam aktivitas. Jangan lupa catat tanggalnya!

Marandang Nusantara digelar pada Minggu, 2 Desember 2018 di Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Jakarta. Festival perdana yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Jakarta ini bertujuan menyampaikan kepada masyarakat nasional dan internasional bahwa randang sebagai kuliner khas Minangkabau telah menjadi milik bersama masyarakat Indonesia.

“Hal ini didasari banyaknya wilayah di Indonesia yang berdasarkan kultural mengadopsi resep randang dengan kekhasan dan kearifan lokal masing-masing,” ucap Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat, Andre Setiawan, S.STP., M.PA dalam temu media Nusantara Marandang di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Melalui festival yang diadakan secara gratis ini pengunjung berkesempatan menikmati randang asli Minangkabau dan menyaksikan proses pembuatan randang autentik yang dimasak langsung juru masak asal Sumatera Barat.

Ada pula demo masak berbahan dasar randang yang disajikan juru masak dan selebritas berdarah Minang dan memiliki usaha kuliner. Mereka akan memasak randang secara tradisional dan modern.

Marandang Nusantara Surganya Penikmat Randang

[Temu media Nusantara Marandang bersama Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat, Andre Setiawan, S.STP., M.PA dan Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner kemenpar, Vita Datau]

“Nusantara Marandang adalah salah satu cara Pemprov Sumatera Barat menyampaikan kepada masyarakat nasional dan internasional tentang nilai luhur, historis dan budaya randang,” sambungnya.

Aroma randang semakin harum di Marandang Nusantara dengan hadirnya lomba kreasi randang dari 33 provinsi di Indonesia. Pengunjung bisa mencicip aneka jenis randang berbeda dari seluruh Indonesia. Bahkan, acara ini akan dicatat dalam pemecahan rekor MURI sebagai kreasi memasak randang terbanyak di Indonesia.

Untuk melengkapi puncak acara Nusantara Marandang diselenggarakan talkshow seputar filosofi dan bisnis randang, pencanangan resep standar randang autentik, bazaar kuliner, penampilan para selebritas nasional, hiburan kesenian Minangkabau seperti Saluang, Rabab serta Randai.