Menakar Kebutuhan Memori Internal Anda

PinkKorset.com, Jakarta – Saat ini, ada berbagai tipe smartphone dengan beragam ukuran memori internal. Bagaimana menentukan kapasitas yang sesuai kebutuhan Anda?

Memori internal atau istilah teknisnya ROM (Read Only Memory) digunakan untuk menyimpan data pada smartphone. Besarnya memori internal ini akan mempengaruhi seberapa banyak foto, video, music, dan aplikasi yang bisa disimpan. Selain tentunya mempengaruhi kecepatan smartphone setelah penggunaan yang lama.

Nah, bagaimana menakar kebutuhan memori internal Anda?

Saat ini, ada beberapa opsi memori internal, dari 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB dan 256GB. Tiga level pertama tampaknya sudah terlalu kecil dan butuh dukungan kartu micro-SD. Sedangkan ukuran 64GB kini menjadi pilihan mainstream bagi smartphone kelas menengah. Anda yang membutuhkan smartphone dengan pemakaian normal dan seimbang terkait budget, bisa menjatuhkan pilihan pada jenis ini.

Namun, bagi Anda yang aktif bersosialisasi dan gemar sharing, tampaknya memerlukan memori internal lebih besar. Seperti diketahui, di tengah aneka koneksi dan jejaring sosial, serta masifnya informasi yang diunduh dan diunggah setiap hari, maka kebutuhan menyimpan hal-hal digital di perangkat meningkat tajam.

Demikian pula meningkatnya kemampuan kamera smartphone yang menggeser posisi DSLR sebagai alat yang paling disukai orang awam untuk merekam foto. Terutama karena ukurannya yang lebih kecil dan nyaman, yang menciptakan lebih banyak gambar dan pada akhirnya menguasai lebih banyak memori internal.

Bagaimana dengan para gamers?  Tidak dipungkiri, memori internal yang lebih besar tentu akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan.

Jadi, makin besar memori internalnya, tentu akan lebih baik, dan makin layak smartphone tersebut dibeli. Tapi jangan lupa sesuaikan dengan budget Anda.

Baca juga: Menentukan RAM Ideal Pada Ponsel