Menentukan RAM Ideal Pada Ponsel

PinkKorset.com, Jakarta – Saat ini banyak smartphone yang berlomba-lomba menawarkan storage dengan ukuran besar. Namun, bagaimana menentukan RAM yang ideal untuk Anda?

RAM atau Random Access Memory berguna untuk menyimpan data yang sedang bekerja pada sistem. Berkat adanya RAM, lebih dari satu aplikasi bisa dijalankan pada waktu bersamaan. Bahkan saat berpindah-pindah aplikasi pun, proses instan itu tidak akan hilang. Dengan makin banyaknya aplikasi yang kita gunakan, kelihatannya makin besar RAM itu artinya lebih baik.

Benarkah?

Vishal Kara, Head of Product di Piriform (pembuat CCleaner for Android) mengatakan, walaupun RAM berperan penting dalam melancarkan pengalaman kita menggunakan smartphone, sebenarnya tak ada soal salah atau benar tentang seberapa besar RAM yang dibutuhkan sebuah smartphone.

“Tak seperti PC, di mana penundaan pemuatan aplikasi selama beberapa detik masih bisa diterima, kalau di smartphone kita berharap aplikasi apapun bisa dimuat secara instan meskipun kita sedang bepergian.”

Mengenal Storage Pada Smartphone

Sementara pakar gadget dari Geekbench 4 John Poole menegaskan, RAM 4GB sebenarnya cukup untuk penggunaan harian. Karena setiap orang biasanya hanya menggunakan 9 aplikasi per hari dan hampir 30 aplikasi selama sebulan.

Ini berarti, yang dibutuhkan untuk mengoperasikan 47 aplikasi hanya 2,3GB per hari untuk smartphone dengan RAM 4GB. “Jadi, tak perlu RAM yang terlalu besar sebab tak perlu adanya tambahan RAM. Untuk smartphone, 4GB itu cukup sekarang,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa vendor terlibat dalam perang spek dengan menyematkan RAM berlebihan. Hal ini tidak lain hanya untuk selling point. “Mereka bisa bilang ‘Lihat RAM yang kami punya lebih besar daripada pesaing kami, jelas smartphone kami lebih baik’.”

Dijelaskan, RAM yang lebih besar justru akan mempengaruhi penggunaan harian sebuah smartphone. Pasalnya, dengan besarnya tenaga yang dibutuhkan, maka baterai akan lebih cepat terkuras.

“Dengan kata lain, kalau Anda tidak menggunakan RAM, maka tidak akan menguras tenaga baterai. Proses di background juga butuh energi. Siapapun yang pernah menggunakan aplikasi macam Facebook di Android, pasti tahu.”

Sebagai kesimpulan, RAM 4GB bisa jadi ukuran RAM ideal untuk smartphone bila smartphone itu tak punya solusi untuk menghemat daya, sebab, ia bisa mencapai keseimbangan penggunaan yang lancar untuk aktivitas multitasking dan penggunaan harian yang lebih panjang.