Mengapa Injeksi Filler Masa Kini Lebih Aman? [foxnews]

Mengapa Injeksi Filler Masa Kini Lebih Aman?

PinkKorset.com, Jakarta – Injeksi filler untuk perawatan kecantikan saat ini semakin digandrungi karena jauh lebih aman dibandingkan dahulu.

Injeksi filler menjadi perawatan kecantikan paling praktis. Metode perawatan kecantikan ini menyuntikkan sejumlah cairan filler pada wajah (pipi, hidung, bibir, dagu dan rahang) untuk menambah volume wajah. Bagian yang terisi filler dapat menyamarkan keriput sehingga wajah tampak lebih muda.

Namun, zaman dahulu perawatan ini dijauhi karena efek samping yang membahayakan. Kala itu, cairan filler menggunakan bahan silikon cair dan tidak dapat diserap tubuh maupun terurai. Alhasil cairan silikon menetap dan justru menarik wajah ke bawah. Tindakan bedah adalah satu-satunya cara mengeluarkan silikon dari dalam tubuh. Salah satu selebritas senior yang pernah menggunakannya ialah Mpok Atiek.

Mengapa Injeksi Filler Masa Kini Lebih Aman?

Pakar Estetika Beautylogica Clinic dr. Melly Rianty Praditha mengatakan, saat ini tidak perlu takut lagi menggunakan injeksi filler karena tidak lagi menggunakan silikon melainkan asam hialuronat atau hyaluronic acid (HA).

“HA di dalam tubuh seperti ‘teman’ kolagen. Kolagen berfungsi mengencangkan wajah dan HA melembabkan wajah,” ujarnya saat pembukaan Beautylogica Clinic di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tidak seperti efek silikon yang permanen, HA hanya sementara dan umumnya bertahan satu tahun. Volume wajah di area injeksi filler HA pun mengempis kembali seperti semula.

“Seiring waktu, HA menyerap air dan keluar bertahap melalui keringat,” sambungnya.

Bila HA terpaksa dikeluarkan tidak memerlukan bedah, melainkan hanya injeksi hyluronadase (HDS). Injeksi HDS aman digunakan dan hasilnya terlihat setelah 72 jam.

Mengapa Injeksi Filler Masa Kini Lebih Aman?

Kendati injeksi filler HA aman tetapi memiliki efek samping tetapi bersifat sementara. Misalnya kulit merah dan bengkak serta reaksi alergi. Umumnya alergi disebabkan kandungan anestesi dalam sebagian filler HA dan jarang terjadi.

Filler HA tak hanya digunakan sebagai kecantikan saja tetapi untuk mengencangkangkan organ intim dan menyamarkan luka bekas jerawat maupun cacar air.

“Yang terpenting sebelum injeksi filler ketahui dengan siapa, di mana dan apa isi kandungannya,” tutupnya.