Mengenal Storage Pada Smartphone

PinkKorset.com, Jakarta – Salah satu fitur penting yang harus dipertimbangkan saat membeli smartphone adalah storage atau penyimpanan.

Memilih smartphone sebaiknya tidak hanya berdasarkan kemampuan kamera atau desainnya yang cantik.

Storage atau penyimpanan adalah salah satu fitur penting yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan smartphone yang cukup awet dan bisa mendukung aktivitas sehari-hari.

Seperti kita ketahui, memory sebuah smartphone terdiri dari RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

Secara sederhana, RAM itu gunanya untuk menyimpan data yang sedang bekerja pada sistem. RAM ini sangat mempengaruhi kecepatan operasi dan kelancaran menjalankan berbagai aplikasi pada waktu bersamaan.

Saat membuka satu aplikasi atau bermain game, data instan akan tersimpan ke RAM. Berkat RAM, lebih dari satu aplikasi bisa dijalankan pada waktu bersamaan. Bahkan saat berpindah-pindah aplikasi pun, proses instan itu tidak akan hilang. Dengan banyaknya aplikasi yang Anda gunakan, maka makin besar RAM artinya lebih baik.

Sementara ROM adalah untuk menyimpan data, yang akan mempengaruhi seberapa banyak foto, video, music, dan aplikasi yang bisa disimpan di perangkat smartphone. Selain mempengaruhi kecepatan smartphone setelah penggunaan yang lama.

Saat ini, di pasar ada beberapa opsi memori internal, dari 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB dan 256GB. Dengan meningkatnya kemampuan kamera, smartphone menjadi pilihan ideal untuk merekam foto, yang pada akhirnya menguasai memori internal. Penggemar game pun akan membutuhkan ROM lebih besar untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan.