Pentingnya Orangtua Mampu Mendongeng [mirror]

Pentingnya Orangtua Mampu Mendongeng

PinkKorset.com, Jakarta – Melalui mendongeng orangtua lebih mudah membentuk pribadi positif pada anak.

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi menjelaskan, membaca dan mendongeng berkontribusi dalam perkembangan anak. Hal ini dapat mengaktifkan pusat emosi otak dan melatih fokus perhatian mereka. Mendongeng juga memperkenalkan berbagai nuansa emosi dan proses identifikasi terkait pembentukan probadi positif saat anak menjadi dewasa.

“Orangtua bisa menanamkan berbagai nilai moral tanpa menggurui,” katanya saat Kampanye Nivea #SentuhanIbu di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

LPAI menemukan banyaknya laporan kasus anak kabur dari rumah lantaran mereka sering dimarahi orangtua. Kenyataan ini menjadi tantangan bagi orangtua pada zaman sekarang, terlebih lagi harus menghadapi dampak buruk gawai, narkoba, radikalisme dan sebagainya.

Menurut laki-laki berkacamata yang sering disapa Kak Seto ini kekerasan pada anak cenderung dilakukan para ibu karena mereka sering di rumah dan penuh dengan masalah rumah tangga.

“Dengan mendongeng maka luluh menjadi nuansa persahabatan sehingga mendekatkan orangtua dengan anak,” ucapnya.

Selaras dengan pentingnya dongeng bagi anak, Nivea kembali meluncurkan kampanye Nivea #SentuhanIbu. Tahun ini mengembangkan konsep mendongeng melalui digital video musical dan drama musikal berjudul Dongeng Pohon Impian. Dongeng ini menggali makna sentuhan ibu bagi anak dengan berbagai karakter unik dan lagu-lagu ceria.

Brand Manager Nivea Creme PT Beiersdorf Indonesia, Arum Nurhandayani mengatakan, Dongeng Pohon Impian berkisah seorang ibu (Imaji) yang selalu ingin membahagiakan anaknya (Angan). Suatu hari, Imaji dan Angan harus berpetualang mendapatkan kembali Pohon Impian mereka dari Saudagar Pongah. Semakin kuat ikatan di antara mereka, semakin besar pula kekuatan mereka untuk melewati rintangan.

Pentingnya Orangtua Mampu Mendongeng

“Kami berharap drama musikal ini menjadi inspirasi meningkatkan ikatan ibu dan anak, sekaligus menjadi ‘Momen Sentuhan Ibu’ yang istimewa di Hari Ibu nanti,” ujarnya.

Nivea Sentuhan Ibu: Dongeng Pohon Impian diadakan pada 22 Desember 2018 di Ciputra Artpreneur. Drama musikal ini hadir dalam dua jadwal pertunjukkan, yaitu pukul 14.00 dan 19.00 WIB. Tiket dapat diperoleh melalui Lazada dengan harga berkisar Rp150 ribu – Rp300 ribu. Informasi lebih lengkap dapat mengakses Nivea.