Rahasia Umur Panjang Orang Bulgaria [google]

Rahasia Umur Panjang Orang Bulgaria

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak penduduk di Bulgaria berumur lebih dari 100 tahun. Apa rahasia mereka memiliki umur panjang?

Di Pegunungan Rhodope, Bulgaria dikenal dengan populasi penduduk berumur lebih dari satu abad terbanyak di dunia. Hampir 4% dari penduduk di sana berumur di atas 100 tahun.

Mereka memiliki kesempatan hidup lebih lama didukung lingkungan dan kebiasaan sehat. Pegunungan Rhodope dikaruniai alam yang asri dan bersih. Penduduk di sana pun hidup aktif, mandiri dan bebas stres.

Dokter spesialis gizi RSPI Bintaro Jaya, dr. Diana F. Suganda. Kes, SpGK menuturkan, rahasia umur panjang juga didukung aktivitas fisik atau olahraga dan kelola pola makan. Bukan sekadar mengurangi makan tetapi juga memilih menu yang sehat.

“Setidaknya olahraga 3-4 kali sepekan dengan durasi minimal 30 menit dan mencukupi kebutuhan kalori harian dengan menu sehat,” ucapnya saat peluncuran Kin Bulgarian Yogurt di Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Salah satu menu sehat yang mendukung umur panjang yakni yogurt. hal ini selaras dengan kebiasaan penduduk di Pegunungan Rhodope. Mereka sangat terbiasa minum susu dan menyantap yogurt hasil dari peternakan sapi milik sendiri.

Bakteri yang digunakan dalam fermentasi yogurt penduduk di Bulgaria dikenal hingga ke mancanegara. Sebagian besar yogurt di pasaran menggunakan Lactobacillus bulgaricus.

Mengapa yogurt baik untuk kesehatan?

Orang dengan alergi laktulosa (lactose intolerance) dapat mengonsumsi dan mendapat manfaat gizi susu tanpa mengalami masalah pencernaan. Bakteri L. bulgaricus mengubah gula susu (laktosa) menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna (asam laktat).

“Yogurt terbukti menyehatkan saluran pencernaan dan membantu meningkatkan kesehatan,” katanya.

Bahkan peneliti pemenang hadiah Nobel, Dr. Ilya Mechnikov mendedikasikan kariernya untuk membuktikan khasiat yogurt dan kaitan dengan banyaknya penduduk di Pegunungan Rhodope yang hidup lebih dari satu abad.

Rahasia Umur Panjang Orang Bulgaria

Marketing manager KIN Anton Budiharjo mengatakan, yogurt Bulgaria tak hanya memberikan rasa nikmat yang khas tetapi juga dipercaya sebagai rahasia penduduk Bulgaria awet muda, bahagia dan panjang umur.

“Misalnya saja KIN Bulgarian Yogurt yang diolah menggunakan kultur bakteri lactobacillus asli dari Bulgaria (MB-11 Bulgarian Cultures),” tuturnya.

Yogurt produksi PT ABC Kogen Dairy ini dikemas dalam botol plastik berisi 200 ml dengan tiga pilihan rasa, orange, strawberry dan plain.