Semangat Penyintas Kanker Lewat Drama Musikal [google]

Semangat Penyintas Kanker Lewat Drama Musikal

PinkKorset.com, Jakarta – Sambut Hari Anak Nasional dan ulang tahun ke-25, Yayasan Onkologi Anak Indonesia gelar drama musikal Rasa, Caring from the Heart.

Sebuah drama musikal Rasa, Caring from the Heart digelar pada 28 Juli 2018 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Drama ini menceritakan anak penyandang kanker bernama Rasa dalam berjuang mengalahkan penyakitnya, hingga dirinya mendapat kesempatan kedua dalam hidupnya.

Kisah ini terinspirasi kisah nyata para survivor kanker yang tergabung dalam komunitas penyintas kanker anak, Cancer Buster Community (CBC)

Ketua Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) Rahmi Adi Putra Tahir menjelaskan, melalui pertunjukan ini, YOAI ingin menyebakan pesan bahwa kanker anak bisa diobati dan diupayakan sembuh bila dideteksi atau diobati sejak dini. Dibutuhkan dukungan, tak hanya medis saja tetapi keluarga dan lingkungan terdekatnya.

“Drama musikal ini didedikasikan untuk semua pasien kanker anak agar mereka punya motivasi kuat untuk sembuh,” katanya di Jakarta, Sabtu (28/7/2018).

Drama musikal arahan Rama Soeprapto ini mengandung nilai perjuangan hidup, cinta kasih, persahabatan. Prtunjukan ini melibatkan anak-anak komunitas Opera Jelajah Anak Indonesia, 15 anggota CBC dan beberapa selebritis seperti Lukman Sardi, Dea Panendra, Gabriel Harvianto, Shelomita serta Omara Naidra Esteghahlal.

Seluruh lagu dalam drama musikal ini hanya berdurasi 45 menit dan diciptakan pemenang Piala Citra FFI 2012, Thoersi Ageswara. Pertunjukan ini sengaja dirancang sederhana agar pesan mudah dipahami 200 anak penyintas kanker dan keluarganya.

Selain drama musikal, pengunjung juga dapat menyaksikan pameran karya seni pasien kanker anak dan penyintas kanker anak yang dibuat saat acara Hari Kanker Anak Internasional pada 18 Februari lalu.