Sentuhan Modern Perhiasan Nusantara [Pinkkorset]

Sentuhan Modern Perhiasan Nusantara

PinkKorset.com, Jakarta – Begitu banyak motif dan bentuk perhiasan Nusantara dapat terukir indah dalam perhiasan modern seperti yang satu ini.

Mungkin sebagian masyarakat terdengar asing dengan nama-nama perhiasan tradisional Indonesia. Padahal perhiasan-perhiasan ini menyimpan bentuk maupun motif yang indah. Misalnya saja Taka, Mamuli dan Marangga dari Nusa Tenggara Timur, Pending dari peranakan hingga Mas Bulan Base dari Maluku.

Selaras dengan hal tersebut The Palace Jeweler bersama Samuel Wattimena menggali potensi keindahan perhiasan tradisonal Indonesia dalam rangkaian perhiasan modern yakni Nusantara.

General Manager The Palace Jelita Setifa menuturkan, The Palace ingin menghadirkan perhiasan tradisonal Nusantara dengan napas modern. Koleksi ini mengajak masyakarat menggali kekayaan perhiasan dan memakainya sebagai bentuk identitas bangsa.

“Nusantara tampil modern tetapi tetap dengan siluet budaya terdahulu,” ucapnya dalam peluncuran The Palace Jeweler x Samuel Wattimena Perhiasan Nusantara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Koleksi Nusantara terdiri atas tiga bagian, antara lain Nusa, Anta dan Tara. terdapat 86 jenis perhiasan mulai dari cincin, gelang, anting, kalung dan bros yang terbuat dari emas dan berlian. Sementara proses pengerjaan koleksi Nusantara menghabiskan waktu dua tahun.

1. Nusa
Koleksi ini mewakili perhiasan Indonesia Barat yang memiliki arti rangkaian kepulauan. Samuel mengambil inspirasi siluet Pending, perhiasan berbentuk oval dari masyarakat peranakan di Sumatera, umumnya dipakai pada ikat pinggang. Ciri khas koleksi Nusa berbentuk lancip di kedua sisi. Terdapat bentuk cincin, kalung dan anting.

2. Anta
Mewakili perhiasan Indonesia Tengah, seri Anta bermakna angan-angan seseorang. Inspirasi perhiasan diambil dari daerah Sumba seperti Taka, Mamuli dan Marangga. Koleksi Anta tersedia gelang dan anting.

3. Tara
Koleksi Tara mewakili Indonesia Timur yang mengambil inspirasi perhiasan seperti Mas Bulan Base, Pepek Soriti dan Belak dari Maluku Tenggara dan Timor. Lingkaran dari bentuk matahari mendominasi koleksi ini.