Strategi Honor Pikat Pasar Ponsel Pintar Indonesia [gadgetmatch]

Strategi Honor Pikat Pasar Ponsel Pintar Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Merek ponsel pintar asal Tiongkok ini targetkan masuk dalam tiga besar ponsel pintar terbaik di Indonesia.

Ambisi e-brand ponsel pintar di bawah Huawei Group ini bukan tanpa alasan. Honor masuk pasar ponsel pintar di Indonesia sejak Maret 2018 dan berhasil mencatat pertumbuhan bulanan 100% di paruh pertama tahun ini. Dalam sembilan bulan terakhir Honor sukses meningkatkan penjualan dari 20% menjadi 43%.

Honor Indonesia memiliki beberapa startegi memikat pasar ponsel pintar Tanah Air. Salah satunya dengan meluncurkan seri flagship, Honor 8X. Ponsel pintar berlayar 6,5 inci dengan screen body ratio hingga 91% ini dilengkapi kamera ganda belakang 20MP dan 2 MP berteknologi artificial intelligence (AI) dan prosesor Kirin 710.

“Kami menyebut Honor 8X sebagai flagship killer karena memiliki banyak fitur seperti ponsel pintar kelas atas tetapi harga terjangkau,” ucap Presiden Honor Indonesia James Yang dalam peluncuran Honor 8X di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Honor 8X tersedia pilihan warna hitam, biru dan merah. Khusus biru dan hitam tersedia eksklusif di Shopee pada 8 November 2018 dengan harga Rp3.999.000 untuk versi 4 + 128 GB lengkap dengan bundling khusus. Adapun penjualan Honor 8X di online dan offline dibanderol dengan harga sama.

Untuk memuluskan penjualan yang ditargetkan kepada generasi muda, Honor berkolaborasi dengan beberapa perusahaan teknologi. Misalnya saja meluncurkan kotak khusus co-branding dan kolaborasi offline dengan perusahaan drone, DJI. Kemudian bermitra dengan permainan online multiplayer, Mobile Legends: Bang Bang dan kerja sama bisnis HAGO serta Bigo Live.

Selain membentuk layanan purnajual yang kuat, Honor juga melindungi kepercayaan konsumen dengan menghindari peredaran Honor black market (BM). Menurut James produk BM tidak menguntungkan bagi pemerintah, penjual maupun pembeli.

“Sampai saat ini di Indonesia belum ditemukan Honor BM,” sambungnya.

Honor semakin yakin dengan target pencapaian di Indonesia berbekal rekam jejak penjualan di pasar dunia. Honor berhasil mencatat volume penjualan internasional hingga 150% year-on-year di luar pasar Tiongkok pada semester pertama 2018. Sementara di Indonesia sukses meraih pertumbuhan bulanan 100% pada paruh pertama tahun ini.

Bahkan Mei 2018 Honor melampaui volume penjualan Apple di Rusia. Setelah menduduki peringkat 3 dalam 13 bulan, Honor mampu menggeser Apple yang berada di posisi 2. Honor juga tercatat sebagai vendor ponsel pintar dengan pertumbuhan paling pesat di India, yakni 300% volume penjualan dan pendapatan di paruh pertama 2018.