Upaya Selamatkan Air di Yogyakarta dan NTT [vilsa]

Upaya Selamatkan Air di Yogyakarta dan NTT

PinkKorset.com, Jakarta – Melalui Sobat Air Ades puluhan anak muda melakukan konservasi air di Yogyakarta dan NTT.

Sebagai bagian dari kampanye Cintai Air, Cintai Hidup merek air minum kemasan, Ades memperkenalkan program peningkatan kepedulian dan melakukan aksi nyata di antara generasi muda dalam konservasi dan pengelolaan air berkelanjutan, Sobat Air Ades.

Sebanyak 20 anak muda menjalankan kegiatan konservasi, pengelolaan air berkelanjutan dan menikmati alam, Conservacation (conservation vacation) bersama Pejuang Air Ades, Sugeng Handoko di Yogyakarta dan Romo Marselus Hasan di Nusa Tenggara Timur (NTT) selama enam hari.

Sebagian (10 Sobat Air Ades) menjalankan Conservacation di Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta pada 19-22 September 2018 dan sisanya menuju Desa Bae Muring, NTT pada 25-30 September 2018.

Marketing Manager Hydration Coca-Cola Indonesia, Mohamad Rezki Yunus menuturkan, Sobat Air Ades dan Conservacation merupakan program lanjutan Pejuang Air Ades sebagai usaha pelestarian air yang berkelanjutan.

“Harapannya Sobat Air Ades mengetahui bagaimana melakukan konservasi air dan dapat melakukan hal sama serta menularkan semangat di tempat asal mereka,” ucapnya dalam peluncuran Sobat Air Ades di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Upaya Selamatkan Air di Yogyakarta dan NTT

Survei dan workshop Pejuang Air Ades bersama Ades Indonesia, Yayasan Konservasi Alam Nusantara serta Coca-Cola Indonesia di Yogyakarta dan NTT menghasilkan beberapa rencana kegiatan untuk 20 Sobat Air Ades.

Mereka akan membangun sumur resapan di Desa Nglanggeran dan mengoptimalkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dengan pengerukan sungai dangkal, penanaman pohon di sekitar daerah aliran sungai serta perbaikan akses air bersih. Sementara program wisata mereka akan menuju Pulau Komodo dan Gunung Kidul.

Pemilihan Sobat Air Ades berdasarkan seleksi foto dan video berkaitan konservasi air melalui media sosial pada 8 Juni – 23 Juli 2018. Sobat Air Ades terpilih ini berasal dari berbagai provinsi, antara lain Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.