Cara Mudah Cegah GERD [insider]

Cara Mudah Cegah GERD

PinkKorset.com, Jakarta – Rasa perih di ulu hati kadang terjadi ketika kita salah makan. Namun jika berulangkali, seringkali disertai mual dan muntah, mungkin GERD adalah penyebabnya. Ini hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) sebenarnya adalah penyakit kronis pada sistem pencernaan, disebabkan karena otot sphincter bagian bawah (lower oesophageal sphincter/LES) tidak tertutup dengan baik. Sehingga asam lambung naik ke esofagus dan menyebabkan radang. Bahkan di beberapa kasus, menyebabkan pengikisan pada gigi.

Kabar baiknya, seperti dilansir verywellhealth.com, Anda bisa mengendalikan gejala GERD asalkan menjalani gaya hidup dengan baik. Diantaranya mempertahankan berat badan ideal, menghindari makanan yang memicu GERD, tidak makan tiga jam sebelum tidur, serta menghindari pakaian ketat. Saat kambuh, Anda bisa berbaring dan mengangkat kepala lebih tinggi dari kaki.

Umumnya jika gejala ringan, dokter akan merekomendasikan hal-hal di atas dan kemungkinan akan menyarankan obat-obatan yang bisa Anda beli di apotek. Perlu diingat bahwa obat yang bersifat antasid bisa digunakan untuk meringankan gejalanya, namun sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

Namun saat gejalanya tak juga membaik setelah Anda menyesuaikan gaya hidup dan mengonsumsi obat sesuai yang disarankan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.