‘Ceramah’ Bantu Hindari Stroke dan Serangan Jantung [everydayhealth]

‘Ceramah’ Bantu Hindari Stroke dan Serangan Jantung

PinkKorset.com, Jakarta – Hipertensi atau tekanan darah tinggi terkadang tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, dan bisa terjadi pada siapa saja. Kebanyakan penderitanya tidak menyadari, sehingga bisa berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi kesehatan.

Ketika darah memberi tekanan terlalu besar pada sistem kardiovaskular, dinding pembuluh darah serta otot jantung bisa rusak dan menyebabkan serangan jantung. Komplikasi lainnya termasuk gagal ginjal dan stroke. Ini sebabnya hipertensi juga kerap disebut ‘silent killer’.

Hipertensi merupakan penyebab kematian kelima terbesar di Indonesia. Riset dari World Health Organization (2015) menyebutkan bahwa satu dari empat laki-laki dan satu dari lima perempuan di seluruh dunia saat ini berisiko menderita hipertensi.

Biasanya, serangan jantung dan stroke kerap terjadi di rumah, bukan di rumah sakit atau klinik. Serangannya pun tak bisa diprediksi. Ini pentingnya penderita hipertensi mengubah gaya hidup mereka dan mulai melakukan pemeriksaan tekanan darah di rumah secara teratur.

Untuk itu, Omron Healthcare Indonesia, produsen alat tensimeter digital bekerja sama dengan Perhimpunan Hipertensi Indonesia (InaSH) untuk merekomendasikan pemeriksaan tekanan darah secara berkala di rumah. Upaya ini dikenal sebagai kampanye Ceramah atau cek tekanan darah di rumah yang telah lama digalakkan oleh InaSH.

“Omron akan terus bekerjasama dengan berbagai organisasi kesehatan dengan menawarkan peralatan kesehatan yang andal dan mudah digunakan untuk membantu pengguna memantau tekanan darah mereka pada batasan yang sehat dan normal,” ujar Yoshiaki Nishiyabu, Managing Director PT Omron Healthcare Indonesia dalam acara media baru-baru ini.

Menurut Yoshiaki, data yang dipantau berperan sangat penting untuk memberi informasi ke dokter, yang kemudian dapat memanfaatkannya untuk memberikan pengobatan secara efektif. Omron juga berkomitmen membantu mewujudkan masyarakat sehat dengan nol kasus serangan jantung, stroke, dan lainnya.

Masyarakat tidak ditentukan oleh usianya, namun keinginannya untuk hidup lebih sehat dan lebih lama.