Destinasi Favorit Liburan Musim Panas 2019

PinkKorset.com – Musim panas menandai dimulainya sebuah perjalanan dan petualangan baru. Destinasi mana yang menjadi favorit warga dunia?

Berdasarkan data pemesanan Agoda yang dibuat di seluruh dunia mulai Juni hingga Agustus 2019, tiga kota tercatat sebagai tujuan liburan musim panas paling disukai tahun ini. Ketiga kota tersebut adalah Tokyo, London dan Las Vegas.

Jepang mendominasi rencana musim panas wisatawan Asia Pasifik dengan menjadi enam dari sepuluh tujuan wisata teratas. Kota-kota favorit seperti Tokyo, Osaka, Okinawa Main Island, dan Kyoto masih unggul, ditambah Sapporo dan Fukuoka, yang mendepak Singapura dan Hong Kong dari daftar 10 besar.

Daya tarik Tokyo sebagai tujuan wisata favorit tidak hanya terbatas pada pelancong dari Asia, karena Tokyo berada di sepuluh besar wisatawan semua wilayah, bahkan melompat ke posisi kedua bagi turis AS dan kelima bagi turis Eropa.

Bila wisatawan Asia Pasifik cenderung berlibur di ranah lokal, maka pelancong dari Timur Tengah, Amerika Utara, dan Eropa memilih melintasi benua untuk menikmati liburan musim panas mereka.

Kota-kota mode Eropa seperti London dan Paris menjadi favorit pelancong dari Timur Tengah. Demikian juga Roma, dengan sejarah dan nuansa Italianya. Sementara destinasi Asia yang masuk dalam daftar mereka adalah Bali dan Tokyo, yang bergabung dengan Bangkok dan Kuala Lumpur di daftar 10 besar tahun ini.

Las Vegas masih menjadi tujuan favorit wisatawan Amerika Utara, namun Tokyo menggeser New York ke peringkat ketiga. Kota-kota kosmopolitan seperti London, Paris dan Roma, dengan pemandangan dan atmosfer historis dan kontemporer juga masuk dalam urutan 10 besar. Sedangkan untuk tujuan domestik, Los Angeles, Orlando, Chicago dan Seattle menjadi pilihan.

Di Eropa, para turis melakukan perjalanan lebih jauh pada musim panas ini. Destinasi Asia seperti Bali, Bangkok, Tokyo, dan Pattaya telah membuat kota-kota tradisional Eropa keluar dari daftar 10 besar. Bahkan New York dan Las Vegas masuk dalam daftar para pelancong Eropa tahun ini, menandai perubahan dalam kebiasaan perjalanan mereka.

Negara Tujuan Liburan Musim Panas berdasarkan Wilayah Asal

Lalu, ke mana warga Indonesia pergi saat musim liburan 2019?

  • Berdasarkan data pemesanan Agoda.com, destinasi lokal mendominasi 10 besar tujuan wisata liburan selama 2019, seperti Bali (1), Yogyakarta (4), Bandung (5), Jakarta (9), dan Malang (10).
  • Tokyo, yang menjadi destinasi primadona wisatawan Asia Pasifik pada tahun ini, juga menjadi tujuan internasional favorit bagi turis Indonesia dan menempati urutan kedua 10 destinasi utama.
  • Indonesia masuk dalam daftar 10 destinasi utama wisatawan Asia Pasifik. Indonesia berada di urutan ketiga tujuan wisata warga Thailand, keenam bagi warga Korea dan ketujuh bagi warga China, Jepang, Singapura, dan Vietnam.