Doodle Google Rayakan Kemerdekaan Indonesia

PinkKorset.com – Doodle Google hari ini merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74.

Pada hari ini di tahun 1945, pemimpin bangsa Indonesia Soekarno membacakan naskah proklamasi di rumahnya di Jakarta, dan menyatakan kemerdekaan Indonesia. Tanggal 17 Agustus 1945 juga merupakan hari ketika bendera nasional merah dan putih, yang dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih, dikibarkan untuk pertama kalinya.

Sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia, serta memiliki lebih dari 300 kelompok etnis dan bahasa yang berbeda, Hari Kemerdekaan adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk berkumpul dalam perayaan menggembirakan. Mengikuti upacara kemerdekaan, serta mengadakan acara meriah di seluruh penjuru negeri.

Hari kemerdekaan akan diawali dengan upacara pengibaran bendera, diikuti parade serta berbagai perlombaan permainan lokal. Beberapa yang menjadi ciri khas adalah balap karung, panjat pinang, makan kerupuk dan lainnya.

Masyarakat juga bekerjasama menghias gapura dengan ornamen merah putih, seperti yang terlihat di Doodle hari ini. Selain memaknai kebersamaan dalam merayakan kemerdekaan, gerbang penuh warna yang terbuat dari bahan daur ulang ini juga memperindah pintu masuk ke lingkungan mereka.

Mewujudkan semangat gotong royong merupakan inti dari nilai-nilai Indonesia. Gapura pun dijadikan simbol pengingat bagi warga Indonesia untuk selalu bekerja sama untuk membangun negara yang lebih baik.

Seniman di balik pembuatan doodle hari ini adalah Hari Prasetyo, ilustrator lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV), ISI Yogyakarta. Pria yang akrab dipanggil Hari Prast ini dikenal dengan karya-karya ilustrasi yang berbeda ketimbang seniman lainnya. Seperti dua karya viralnya yakni Jokowi-Prabowo berpelukan dan Jokowi naik moge.