Ini Dua Hal Penting Sebelum Anak Masuk SD [bustle]

Ini Dua Hal Penting Sebelum Anak Masuk SD

PinkKorset.com, Tangerang – Lebih dari sekadar biaya, anak membutuhkan dua hal mendasar ketika pertama kali masuk sekolah dasar atau SD.

Usia sekolah adalah fase perkembangan baru anak. Ada banyak hal berubah dalam kehidupannya, seperti waktu sekolah teratur dan panjang, mata pelajaran padat dan pengaruh sosial lingkungan. Agar anak mampu meraih prestasi di sekolah maka orangtua perlu mempersiapkan dua hal, yakni fisik dan semangat.

Faktor fisik mencakup asupan gizi seimbang sesuai kebutuhan anak. Asupan ini meliputi karbohidrat, protein, sayur, buah, vitamin dan mineral. Selain itu, pola makan teratur dengan porsi seimbang juga diperhatikan.

“Ditambah susu sebagai sumber protein berkualitas untuk melengkapi gizi anak,” ucap Pakar gizi, Wahyu Kurnia Yusrin Putra S.Km, M.K.M di Seminar Nestlé Dancow FortiGro di Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Tak cukup mempersiapkan fisik anak, orangtua juga perlu mempersiapkan semangat untuk anak agar siap sekolah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua, seperti mengajak anak berbagi cerita, memberikan kesempatan pada anak untuk memilih kegiatan yang disukainya, mengajak belajar sambil bermain dan merayakan setiap keberhasilan.

Psikolog, Alfath Hanifah Megawati, S.Psi., M.Psi menjelaskan, masing-masing anak memiliki keunikan sendiri, karena itu penting bagi orangtua mengetahui berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan semangat anak.
“Anak yang bersemangat adalah anak yang terlibat sepenuhnya di aktivitas yang ia lakukan, baik secara fisik dan mental,” katanya.

Anak semangat ditandai dengan adanya pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan dan tidak mudah menyerah. Dengan semangat, anak bisa mendapatkan manfaat sekolah. Semangat anak muncul ketika orangtua mendukung, berada dalam lingkungan sekolah yang nyaman dan sehat fisik maupun mental.

Sejalan dengan persiapan anak memasuki sekolah dasar, Business Executive Officer Dairy Nestlé Indonesia, Windy Cahyaning Wulan menuturkan, salah satu wujud komitmen Nestlé Dancow FortiGro mendukung anak Indonesia menjadi sehat dan cerdas yakni mengadakan Dancow Siap Sekolah.

[Seminar Semangat Meraih Prestasi, Nestle Dancow FortiGro]

“Kegiatan ini mengedukasi orangtua agar dapat memberikan dukungan penuh untuk si buah hati siap sekolah dan meraih prestasi,” sambungnya.

Dancow Siap Sekolah diselengarakan sejak 2016 dan mengedukasi 380.000 ibu di 3.300 sekolah dan pemukiman serta menjangkau 100 kota dan kabupaten di Indonesia. Rangkaian acara ini dimulai dari mengunjungi sekolah-sekolah dan lingkungan pemukiman di seluruh Indonesia. Kemudian puncak acara akan diselenggarakan di empat kota yaitu Tangerang, Palembang, Manado dan Malang.