Ini Sebabnya Bisnis Anda Tersendat [dallasnews]

Ini Sebabnya Bisnis Anda Tersendat

PinkKorset.com, Jakarta – Seringkali sebuah bisnis tidak berkembang akibat menyepelekan masalah keuangan.

Founder SaNiNa Art and Culinary Center, Ena menjelaskan, tidak jarang pebisnis pemula mengalami usaha yang tidak berkembang. Usaha cenderung jalan di tempat karena salah mengelola keuangan.

“Kalau mau sukses jangan pernah campurkan uang belanja (pribadi) dan bisnis,” ucapnya saat Talk Show dan Cooking Challenge yang digelar Forum Warta Pena di Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Kesalahan pertama ini seringkali dilakukan, pemasukan dan pengeluaran tidak terkendali. Sehingga modal bisnis selalu habis untuk konsumsi pribadi. Padahal hal ini sangat penting untuk mengembangkan usaha.

Ena menyarankan menggunakan buku untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Kemudian memisahkan buku tabungan dan dompet. Saat menerima pemasukan sebaiknya segera dipisahkan dari uang pribadi dan segera mencatatnya. Cara tersebut harus dilakukan secara konsisten.

“Sebanyak 50% laba bersih disimpan dan sisanya untuk senang-senang. Tapi jangan terlalu banyak digunakan agar tabungan tidak tipis,” sambungnya.

Kemudian terlilit utang juga menjadi penyebab bisnis tidak berkembang. Dalam kondisi berutang, laba bersih usaha hanya terpakai untuk membayar utang saja. Hal lebih buruknya lagi jika tidak sanggup membayar utang.

“Hindari berutang karena risikonya sangat tinggi, terutama pemula,” kata perempuan berjilbab ini.

Agar bisnis berkembang dan berkah, ada baiknya menyisihkan sebagian pendapatan untuk sedekah.

“Jangan takut sedekah karena yang menentukan rezeki adalah Allah,” pungkasnya.