Ini Sebabnya Sarapan Bikin Mulas [google]

Ini Sebabnya Sarapan Bikin Mulas

PinkKorset.com, Jakarta – Keluhan perut tidak nyaman atau mulas usai sarapan bukan disebabkan waktu makan tetapi karena ini.

Sebagian masyarakat enggan meluangkan waktu untuk sarapan karena memicu mulas. Mereka lebih memilih melewatkan sarapan karena rasa tidak nyaman ini. Namun, benarkah makan pada pagi hari atau sarapan ini pemicunya?

Ahli Gizi dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan, ketika sarapan sistem pencernaan tidak boleh bekerja terlalu keras akibat sulit mencerna makanan. Makanan yang sulit dicerna yakni mengandung lemak tinggi, jumlah makanan terlalu banyak dan bersifat merangsang (makanan bersifat gas, asam, pedas dan terlalu asin).

“Konsumsi makanan ini menyebabkan sistem pencernaan kewalahan. Akibatnya perut menjadi sakit, kembung dan mulas,” ucapnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ketika pagi hari sistem pencernaan tidak boleh bekerja keras. Hal ini disebabkan selama tidur malam tubuh istirahat, termasuk sistem pencernaan yang tidak menerima asupan makanan dan minuman selama delapan jam.

“Jadi yang bikin perut enggak nyaman bukan sarapannya tetapi tidak tepat jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi,” sambungnya.

Sarapan sangat penting untuk mengganti energi yang terkuras selama tidur. Sehingga tubuh kembali berenergi dan mampu beraktivitas dengan normal. Waktu sarapan paling tepat yakni pukul 6 pagi hingga 9 pagi.