JK Rowling Donasi Jutaan Dolar untuk Riset Sklerosis

PinkKorset.com – Novelis J.K Rowling telah mendonasikan 19 juta dolar AS ke University of Edinburgh di Skotlandia untuk riset penyakit sklerosis.

Rowling optimistis donasinya akan dimanfaatkan dengan baik oleh University of Edinburgh yang sudah terkenal akan kualitas risetnya. “Riset ini akan membawa kita selangkah ke depan untuk membantu penderita sclerosis,” ucapnya seperti dilansir dari Foxnews, Senin (16/9).

Sklerosis atau sering disebut juga Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit yang merusak saraf di saraf tulang belakang dan otak, serta saraf optik. Sclerosis berarti jaringan parut. Tergantung di mana kerusakan terjadi, gejala ini dapat mencakup masalah dengan kontrol otot, keseimbangan, penglihatan, atau berbicara.

Rowling berharap donasi tersebut dapat mendorong penemuan baru terkait penyakit sklerosis, yang tentunya akan bermanfaat bagi generasi mendatang. “Inilah legasi saya untuk generasi mendatang untuk penanganan penyakit sklerosis,” ujarnya.

Donasi tersebut juga dilakukan untuk menghormati ibunya yang mengalami penyakit tersebut. Rowling sebelumnya juga sudah mendanai pendirian klinik atas nama ibunya yaitu Anne Rowling Regenerative Neurology Clinic. “Klinik ini didirikan dengan mengintegrasikan layanan dan riset fokus ke penyakit sclerosis. Tujuannya menerapkan lebih banyak riset pada pasien,” ujar Rowling

Berdasarkan majalan Forbes, Rowling merupakan penulis dengan bayaran termahal pada 2019. Kekayaannya diperkirakan mencapai 160 juta dolar AS.