Menanam di Luar Angkasa Bukan Lagi Impian [Ist]

Menanam di Luar Angkasa Bukan Lagi Impian

PinkKorset.com, Jakarta – Kolaborasi NASA dan Tupperware berhasil menumbuhkan tanaman di luar angkasa untuk konsumsi para astronot.

Bila selama ini para astronot hanya mengandalkan konsumsi makanan beku maupun kaleng, kini mereka dapat menyantap sayuran segar layaknya di Bumi. Temuan ini bermula dari kolaborasi National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Tupperware pada 2018. Mereka memanfaatkan teknologi produk Ventsmart Tupperware pada proyek @TechShotInc dan @NASA untuk pengembangan dari Passive Orbital Nutrient Delivery System (PONDS).

Direktur Marketing PT Tupperware Indonesia, Nurlaila Hidayaty menjelaskan, melalui proyek ini para astronot dapat menanam selada dan tomat di luar angkasa dan terbukti berhasil tumbuh.

“Bahkan dapat digunakan sebagai bahan makanan segar bagi para astronot,” ucapnya dalam siaran pers di Jakarta baru-baru ini.

Selaras dengan inovasi tersebut, Tupperware mendapatkan penghargaan internasional dari Fast Company’s Innovation by Design Awards for 2019. Sekadar informasi, Fast Company adalah salah satu outlet media terbesar dan paling kredibel di AS dalam meliput inovasi teknologi, kepemimpinan dan desain.

Penghargaan ini mencakup dua kategori, yakni Perusahaan Desain Terbaik dan Desain Terbaik untuk proyek @TechShotInc dan @NASA untuk pengembangan dari PONDS. Sebanyak 4.300 merek mendaftar di Fast Company dan menghasilkan finalis, antara lain Nike, Google, Logitech, Ikea, Samsung, Microsoft, IBM dan Tupperware.

Nurlaia menambahkan, Tupperware menjadi partner resmi proyek yang sangat bergengsi ini. Desain yang inovatif selalu menjadi landasan pada produk.

“Sehingga Tupperware akan terus mendorong kreativitas tanpa batas dan daya cipta untuk dapat memproduksi karya-karya melalui produk,” pungkasnya.