Mengapa Kopi Bali Bercita Rasa Jeruk?

PinkKorset.com, Jakarta – Sensasi rasa jeruk kopi Bali dihasilkan tanpa perasa sintetis. Ini rahasia kopi Bali memiliki rasa citrusy.

Master Roaster Tanamera Coffee John Lee menjelaskan, cita rasa jeruk (citrusy) pada kopi Bali dihasilkan dari kebiasaan petani lokal disana yang menanam kopi berdampingan dengan pohon jeruk. Secara langsung cara penanaman ini memengaruhi cita rasa biji kopi yang dihasilkan.

“Terlebih lagi jeruk yang jatuh ke tanah nutrisinya terurai dan diserap pohon kopi,” ucapnya usai Perayaan Ulang Tahun Tanamera Coffee ke-5 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pada umumnya tanaman kopi tidak dapat ditanam sendiri dalam satu kebun karena rentan rusak terhadap paparan sinar matahari langsung. Sehingga tanaman kopi membutuhkan tanaman lain untuk melindunginya.

“Petani kopi di Bali memilih pohon jeruk karena kuat menahan sinar matahari,” katanya.

Selain itu, ciri khas lain kopi Bali yakni memiliki body medium tanpa tercecap rasa rempah seperti kopi Indonesia umumnya. Sehingga kopi bali sangat pas bagi Anda yang kurang menyukai kopi bercita rasa pahit.

Perkebunan kopi di Bali terletak di Kecamatan Kintamani dengan ketinggian 1.000 mdpl. Jenis kopi yang ditanam yakni Arabika dengan ukuran green beans lebih besar dibandingkan kopi Arabika di daerah lain.