Mengapa Sarapan Minuman Saja Tidak Cukup? [google]

Mengapa Sarapan Minuman Saja Tidak Cukup?

PinkKorset.com, Jakarta – Ternyata sarapan dalam bentuk makanan lebih menyehatkan ketimbang minuman. Sekalipun Anda menenguk minuman padat gizi.

Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan,mengonsumsi makanan saat sarapan lebih bermanfaat (sisi fisiologis dan psikologis) ketimbang minuman saja. Proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut. Mengunyah makanan memacu produksi air liur yang membantu mencerna makanan.

“Sehingga kerja organ pencernaan lebih ringan karena makanan dicerna sebagian di mulut,” katanya saat acara nestum 101 Healthy Bowls di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Aktivitas tersebut tak hanya menstimulasi organ pencernaan saja tetapi juga jantung yang memompa darah. Sehingga meningkatkan sirkulasi darah membawa oksigen dan zat-zat gizi. Dengan begitu kerja otak dan otot lebih baik.

“Mengonsumsi makanan juga mengurangi rasa lapar dan meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat dan fokus,” ujarnya.

Proses pelumatan makanan, sambung Dr. Rita, dapat menurunkan hormon pencetus nafsu makan, Grealin dan meningkatkan hormon penurun nafsu makan, Cholecytokinin. Untuk mendapatkan sarapan lebih sehat sebaiknya pilih jenis makanan yang baik.

“Pilihlah makanan yang mengandung multigrain, serat pangan, vitamin dan mineral,” sambungnya.

Business Executive Officer Dairy Nestlé Indonesia, Windy Cahyaning Wulan menuturkan, makanan sarapan praktis yang mengandung komponen tersebut yakni Nestlé Nestum. Sejak tahun lalu bubur sarapan sereal ini dilengkapi Grainsmarta, kombinasi gandum utuh, beras, jagung, serat pangan, vitamin dan mineral.

“Ini menjadi upaya Nestlé meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan lebih sehat,” ucapnya.

Produk ini terdiri atas dua varian, Nestlé Nestum Porridge (rasa manis dan original) dan Nestlé Nestum 3 in 1 (rasa susu, susu dan pisang, susu dan cokelat). Gizi dalam semangkuk Nestlé Nestum setara dengan protein satu gelas yogurt, kalsium satu gelas susu dan serat satu lembar roti gandum.