Ini 28 Paspor Terkuat di Dunia [fee.org]

Ini 28 Paspor Terkuat di Dunia

PinkKorset.com, Jakarta – Bukan berarti sakti, namun para pemegang paspor dari negara-negara ini memiliki akses dan kesempatan paling besar dalam mengunjungi seluruh penjuru dunia. Mana saja?

Jika ambisi Anda adalah mengunjungi sebanyak mungkin negara lain, berbanggalah jika memiliki paspor dari negara Asia. Menurut Henley Passport Index 2019, tiga paspor terkuat di dunia adalah milik Jepang, Singapura, dan Korea Selatan.

Apa sebenarnya arti memiliki paspor terkuat? Ini adalah negara-negara yang banyak memiliki akses memasuki negara lain dan banyak yang membebaskan visa maupun membuat pengumuman sebelum berkunjung.

Setiap tahun, Henley Passport Index memeringkat paspor seluruh dunia dan mencari tahu siapa yang bisa lebih sering bepergian. Datanya ekskuslif, berasal dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) yang memiliki dan mengelola informasi travel paling besar dan akurat.

“Kami juga melakukan riset besar yang terus berlangsung, oleh Henley & Partners Research Department,” demkian Henley menjelaskan.

Beberapa negara berada pada posisi imbang karena jumlah aksesnya sama. Untuk mencapai peringkat 28 teratas, sebuah negara paling tidak harus berada di peringkat sembilan besar. Berikut adalah 28 negara pemegang paspor terkuat di seluruh dunia dengan jumlah negara yang bisa diakses tanpa visa:

  1. 189 negara: Singapura, Jepang
  2. 187 negara: Korea Selatan, Jerman, Finlandia
  3. 186 negara: Luksemburg, Italia, Denmark
  4. 185 negara: Swedia, Spanyol, Prancis
  5. 184 negara: Swiss, Portugal, Belanda, Austria
  6. 183 negara: Amerika Serikat, United Kingdom, Norwegia, Irlandia, Yunani, Kanada, Belgia
  7. 182 negara: Malta
  8. 181 negara: Republik Ceko
  9. 180 negara: Selandia Baru, Lithuania, Islandia, Australia

Adapun Indonesia, berada di peringkat ke-75  bersama Zambia dengan 69 destinasi bebas visa. Untuk negara tetangga yang peringkatnya berada di atas Indonesia, versi Henley: Malaysia #13 – 176 negara; Brunei #22 – 164 negara; Timor Leste #56 – 94 negara; Papua Nugini #64 – 82 negara; Thailand #70 – 74 negara.