KBDA Bangkitkan Industri Arsitektur dan Desain di Indonesia

KBDA Bangkitkan Industri Arsitektur dan Desain di Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Kohler telah menggelar Kohler Bold Design Awards (KBDA) pertama di Indonesia dan menganugerahi belasan pemenang dalam seremoni pada Jumat (08/03/2019) di Hotel Kempinski Indonesia, yang dihadiri eksekutif tertinggi perusahaan Amerika Serikat tersebut.

Malam penghargaan KBDA 2018 tersebut merupukan puncak persiapaan panjang yang dimulai pada awal 2017, mulai dari konsep hingga akhirnya mengumpulkan karya-karya desain pada September 2018 yang mencapai 240 karya yang memenuhi syarat dari lebih dari 300 total karya yang masuk dari desainer-desainer di seluruh Indonesia dan bersaing untuk berbagai kategori penghargaan. Sekitar 140 arsitek dan firma desain mendaftar selama 120 hari periode call for entry.

KOHLER Bold Design Awards 2018 memberi penghargaan kepada proyek-proyek paling bergengsi di industri desain wilayah Asia Pasifik. Ajang penghargaan ini bertujuan untuk menciptakan suatu badan pemberi penghargaan yang akan dapat mengembangkan praktik profesional dan standar desain di Asia Pasifik. KBDA tahun ini menargetkan proyek dan arsitek ritel, desainer, serta pengembang yang berani tampil beda di industri ini.

Sebuah tim yang terdiri dari lima arsitek dan desainer internasional dan Indonesia yang terkenal mengevaluasi dan memilih proyek dan arsitek yang paling luar biasa. Panel juri ini meliputi: Alexandra Champalimaud, pendiri studio Champalimaud yang berbasis di New York; Tony Chi, pendiri studio tonychi yang sering memenangkan penghargaan dan berbasis di New York; Hidajat Endramukti, pendiri dan principal dari Budipradono Architects; Andra Matin, pendiri andramatin; dan Faried Masdoeki, Direktur Desain di Hadiprana.

“Setiap pemenang membuktikan bahwa industri desain dan real estate di Indonesia tengah berkembang, kompetitif, dan berkelas dunia. Kami juga meyakini bahwa para pemenang telah memberi dampak bagi industri desain,” ujar dewan juri.

David Kohler, CEO, Kohler Co. mengatakan, “KOHLER percaya pada kekuatan transformatif industri desain untuk sektor perumahan dan komersial, serta pentingnya desainer dalam membentuk sejarah Asia. Kami berharap dapat mengakreditasi para desainer luar biasa ini dengan menyediakan suatu platform bagi mereka untuk memfasilitasi dan membagikan karya-karya dan proyek yang luar biasa tersebut ke seluruh wilayah Asia Pasifik.”

Anugerah tertinggi pada malam penghargaan ini adalah John Michael Kohler Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada Ing. Hendra Hadiprana oleh David Kohler, President dan Chief Executive Officer Kohler Co., atas kontribusi yang luar biasa terhadap industri desain di Indonesia. Ia menunjukkan pendekatan yang konsisten, bold, dan berani dalam praktiknya dibidang arsitektur dan desain interior, sehingga menginspirasi lainnya melalui kemampuan, pengetahuan, dan wawasan.

Pare Pemenang KBDA 2018:

LIVING: CONDO APARTMENT ARCHITECT AWARD

 

Saumata Apartment

PT Aboday Design

Developer: PT Sutera Agung Properti

 

 

LIVING: VILLA ARCHITECT AWARD

 

 

Green House

Wiyoga Nurdiansyah Architect

 

 

TRAVEL: URBAN & RESORTS ARCHITECT AWARD

 

 

Maya Sanur

Denton Corker Marshall Jakarta

Developer/Operator: PT Maya Sanur

 

 

LIVING: CONDO APARTMENT INTERIOR DESIGN AWARD

 

“Keraton” Residences

Genius Loci

 

 

LIVING: VILLA INTERIOR DESIGN AWARD

 

M House

Grain & Green

 

 

TRAVEL: URBAN & RESORTS HOTEL INTERIOR DESIGN AWARD

 

The Langham SCBD, Jakarta

Smallwood Reynolds Stewart Stewart

 

 

LEISURE

 

Gormeteria Restaurant

Domisilium Studio

 

 

CULTURE

 

Gereja Ouikemene

TSDS Interior Architects

 

 

INFLUENCERS

 

Adi Purnomo

mamostudio

 

 

RISING TALENT

 

Wiyoga Nurdiansyah

Wiyoga Nurdiansyah Architect

 

“Kami berharap kompetisi KOHLER Bold Design Awards mampu mempromosikan desain properti Indonesia ke tingkat global. Kami juga ingin memperkuat posisi KOHLER sebagai brand yang kuat di industri A&D dan di antara komunitas pengembang di Indonesia,” tutur Larry Yuen, Group President Kitchen & Bath, Kohler Co.