Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia

PinkKorset.com  – Idul Fitri adalah momen spesial yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. Merayakan hari kemenangan ini, Agoda menyajikan tujuh perayaan Idul Fitri di tujuh negara berbeda yang dapat menjadi referensi liburan Anda.

Hari Raya Idul Fitri, hari raya keagamaan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kali ini, Agoda, salah satu agen perjalanan online yang paling cepat berkembang di dunia, menyajikan tujuh perayaan Idul Fitri di tujuh negara berbeda yang dapat menjadi referensi liburan Anda!

London, Inggris

Tempat yang Harus Dikunjungi/Hal yang Harus Dilakukan: Eid Festival 2019, nikmati hidangan dari restoran-restoran Timur Tengah di Edgware Road, London yang multikultur.

Image result for Edgware Road

Tempat Menginap: The Pilgrm, berjalan kaki 10 menit dari Edgware Road, menampilkan desain era klasik dan pesona vintage.

Meskipun Idul Fitri bukanlah hari libur nasional di London, perayaan ini tetap dirayakan secara besar-besaran oleh banyak umat Muslim di sana. Perayaan dimulai dengan sholat di pagi hari, diikuti dengan mengunjungi keluarga dan teman-teman atau menjadi tuan rumah sambil menikmati masakan-masakan tradisional. Wisatawan dapat mengambil bagian dalam perayaan di Festival Idul Fitri tahunan di Trafalgar Square, di mana mereka dapat menikmati berbagai pertunjukan yang mengasyikkan, menyenangkan bagi keluarga dan tentu saja, makanan dari berbagai negara pada hari Sabtu, 8 Juni, mulai pukul 12 hingga 6 sore!

 

New York, Amerika Serikat

Tempat yang Harus Dikunjungi: Penyalaan Lampu Gedung Empire State Building, Islamic Cultural Center, Museum Kota New York.

Tempat Menginap: Arthouse Hotel di Upper West Side yang menyajikan arsitektur kosmopolitan.

Ada banyak yang harus dilakukan di New York untuk menandai akhir Ramadan. Mulailah hari Anda dengan mengunjungi masjid terbesar di kota ini, Islamic Cultural Center New York. Pantau Empire State Building di malam hari, yang biasanya menyala hijau untuk merayakan Idul Fitri.

Image result for islamic cultural center

 

Istanbul, Turki

Hal yang Harus Dilakukan: Bawalah keranjang piknik berisi makanan dan hidangan manis untuk berbuka puasa dengan banyak umat Muslim dan wisatawan lainnya di antara The Hagia Sophia dan Masjid Biru yang ikonis di Sultanahmet Square.

Tempat Menginap: Ajwa Hotel, di mana Anda dapat menikmati Hammam (Pemandian Turki) tradisional di spa hotel.

Jika Anda beruntung, selama bulan menjelang Idul Fitri, Anda mungkin melihat pemain-pemain gendang Ramadan tampil pada waktu fajar menyingsing di sepanjang jalan saat mereka membangunkan penduduk untuk sahur, makanan terakhir sebelum memulai hari berpuasa.

Setelah bulan Ramadan, Idul Fitri juga dikenal sebagai ‘Seker Bayram ’atau Festival Permen di Turki karena perayaan akan menyajikan banyak makanan manis seperti baklava. Bahkan, orang-orang dianjurkan untuk menikmati makanan manis untuk sarapan! Nikmati kuliner manis ala Turki saat Anda merayakan Idul Fitri bagaikan warga lokal.

 

Uni Emirat Arab

Hal yang Harus Dilakukan: Berbuka puasa di Dubai Opera, ikuti aktivitas-aktivitas khusus di IMG Worlds of Adventures.

Tempat Menginap: Bersenang-senanglah bersama keluarga di Atlantis the Palm Dubai, yang memiliki taman hiburan bertema seluas 170.000 meter persegi dan taman air.

Warga Uni Emirat Arab sangat menghargai waktu yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih selama Idul Fitri, terutama sambal menikmat makanan mewah. Menjelang Idul Fitri, bergabunglah dengan keluarga Muslim lainnya untuk berbuka puasa saat matahari terbenam di Dubai Opera, di mana Anda dan keluarga dapat merasakan pengalaman unik yang menggabungkan masakan Arab yang lezat dan sajian live musik.

Keluarga dan teman-teman juga dapat menikmati waktu yang mendebarkan di salah satu taman hiburan indoor terbesar di dunia, IMG Worlds of Adventures, yang akan didekorasi dengan tema tradisional Arab dan menawarkan aktivitas khusus terkait Idul Fitri.

Related image

Arab Saudi

Tempat yang Harus Dikunjungi/Hal yang Harus Dilakukan: Festival Idul Fitri Tahunan, nikmati perayaan di area pesisir Jeddah Corniche dan Al Balad (Kota Tua).

Tempat Menginap: Bermalamlah dekat pusat keramaian dan Laut Merah yang terkenal di Raddison Blu Hotel, Jeddah Corniche.

Orang Arab Saudi memiliki kebiasaan untuk berkumpul bersama keluarga di rumah lelaki tertua dalam keluarga setelah sholat subuh di Hari Raya Idul Fitri. Sebelum hidangan makan siang yang spesial disajikan, anak-anak akan tampil dengan pakaian baru di depan keluarga mereka yang kemudian akan memberi mereka uang lebaran sebagai hadiah. Keluarga-keluarga kemudian menghabiskan hari dengan mengunjungi teater, melihat kembang api, atau menonton pertunjukan untuk melanjutkan perayaan.

Di jantung pusat kota Balad, wisatawan dapat mengambil bagian dalam perayaan Historic Jeddah Festival untuk bernostalgia dan melihat bagaimana orang-orang merayakan Idul Fitri di masa lalu. Nikmati sajian-sajian seni interaktif atau dengarkan Hakawati (pendongeng) menceritakan kisah tentang bagaimana keluarga Hijazi menghabiskan Idul Fitri mereka dahulu kala.

Related image

Srinagar, Kashmir

Hal yang Harus Dilakukan: Berperahu mengitari Danau Dal yang terkenal dan singgah di Masjid Hazratbal, sebelum berwisata kuliner di Lal Chowk.

Tempat Menginap: New Golden Flower Heritage Houseboat.

Kumpulan umat terbesar saat sholat Idul Fitri di Srinagar biasanya terletak di Hazratbal, tempat suci yang disebut-sebut sebagai tempat peninggalan suci Nabi Muhammad. Di pagi hari saat Idul Fitri, sesuatu yang manis dimakan untuk sarapan seperti sheer kurma atau seviyan (puding vermicelli dengan susu, air dan kacang-kacangan), disertai dengan kahwah, teh lokal yang diseduh dari daun teh hijau khusus dan saffron Kashmir, dihiasi dengan buah dan kacang kering. Cicipi masakan lokal termasuk naan, kebab, kahwah, noon chai (teh asin warna merah muda) ala Kashmir dan yang lainnya di sepanjang Lal Chowk, jalanan yang terkenal dengan area kuliner di Kashmir.

Related image

Jakarta, Indonesia

Hal yang Harus Dilakukan: Cobalah hidangan khusus Idul Fitri di restoran setempat.

Tempat Menginap: Malam mewah di Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan dengan pilihan bersantap yang luar biasa.

Idul Fitri atau Lebaran adalah periode jalan-jalan utama bagi orang Indonesia karena banyak umat Muslim, terutama mereka yang tinggal di kota, melakukan perjalanan kembali ke kota asal mereka, sebuah tradisi yang dikenal dengan sebutan mudik. Hal ini membuat daerah perkotaan menjadi relatif sepi sehingga menjadikan periode liburan ini sebagai waktu yang tepat untuk menjelajahi mal-mal dan melihat-lihat atraksi yang biasanya ramai di Jakarta.

Tentu saja, tidak ada perayaan Lebaran yang lengkap di Indonesia tanpa makanan wajib, yaitu rendang yang disajikan bersama ketupat, yang melambangkan kebersamaan. Pastikan untuk mencicipi makanan khusus Idul Fitri tersebut di restoran lokal.

Image result for rendang, ketupat, ritz carlton