Program ‘Sentuhan Cinta’ Sukses Didukung 145 Ribu Ibu Indonesia [pexels]

Program ‘Sentuhan Cinta’ Sukses Didukung 145 Ribu Ibu Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Program ‘Sentuhan Cinta’ persembahan merek produk bayi Johnson’s, sukses mendapatkan respon positif dan dukungan orangtua Indonesia, khususnya para ibu, yang berpartisipasi dalam mendukung pentingnya sentuhan cinta orangtua pada periode emas.

Dalam program ini, Johnson’s menyelenggarakan edukasi pelatihan pihat bayi di 15 kota di Indonesia dan bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia, Alfamart, dan Shopee untuk mmebangun Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) di Dusun Randusungo, Desa Kesambenkulin, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

“Sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi angka kematian bayi dan mendukung Sustainable Development Goals (SDG), program Sentuhan Cinta membimbing dan mengadvokasi orangtua dengan memberikan mereka pengetahuan mengenai ritual pijat selama periode emas bayi,” kata Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT. Johnson & Johnson Indonesia.

Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) dari BKKBN mengungkapkan, angka kematian bayi di Indonesia turun dari 32 per seribu kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per seribu kelahiran hidup pada 2017. Meskipun begitu, masih perlu dukungan dari semua pihak dalam menyukseskan upaya pemerintah dalam menurunkan angka kematian bayi.

Lakish berujar, program yang berjalan selama dua bulan pada 1 April – 31 Mei 2019 ini, mendapatkan dukungan dari lebih dari 145 ribu orangtua, khususnya para ibu, di seluruh Indonesia. Untuk itu, Johnson & Johnson ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada para orangtua dan mitra.

“Semua hasil donasi ini telah diserahkan kepada Habitat for Humanity Indonesia untuk membangun Posyandu di Dusun Randusongo, Desa Kesambenkulon, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Sehingga, orangtua di wilayah tersebut dapat memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan dan memantau kesehatan bayi mereka dengan mudah,” ujarnya.

Periode emas atau seribu hari pertama kehidupan adalah periode yang istimewa dimana fondasi dari kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf yang optimal selama hidup terbentuk. Dalam kesempatan yang sama.

Menurut dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K), MPH, Dokter Spesialis Anak & Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, orangtua memiliki peran penting selama periode emas bayi. Sebab periode ini merupakan periode paling penting untuk pertumbuhan bayi.

“Pada seribu hari kehidupan, otak bayi berkembang paling cepat, sistem pencernaan berkembang, menguat, dan fungsi kognitif terbentuk. Kontak fisik adalah hal penting yang orangtua dapat lakukan sebagai ikatan emosional pertama bayi dengan orangtua mereka. Hal tersebut membantu merangsang indera mereka dan merupakan kunci untuk kesehatan dan perkembangan bayi,” kata dr. Bernie.

Salah satu kontak fisik yang dapat dilakukan orangtua secara rutin, imbuh dr. Bernie, adalah ritual pijat bayi yang memiliki banyak manfaat. Termasuk diantaranya membangun ikatan yang lebih kuat, melancarkan peredaran darah, menstimulasi perkembangan emosi dan psikologis, melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan makanan bagi bayi, meningkatkan imunitas dan kualitas tidur.