Tempat Paling Bercahaya untuk Menyaksikan Cahaya Utara

PinkKorset, Jakarta – Tahukah Anda salah satu fenomena spektakuler yang disebuNorthern Lights atau Cahaya Utara?

Northern Lights adalah pancaran cahaya indah di Kutub Utara yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer. Cahaya itu muncul karena koalisi antara partikel bermuatan listrik yang terpantul dari matahari dan partikel gas bumi di atmosfer bumi.

Hasilnya adalah tirai cahaya yang menggulung di langit.

Bila Northern Lights atau Aurora Borealis terjadi di Kutub Utara, maka fenomena cahaya yang terjadi di Kutub Selatan dinamakan Southern Lights atau Aurora Australis.

Cahaya Utara akan terlihat sangat indah jika disaksikan mulai dari akhir Agustus hingga awal April. Untuk benar-benar merasakan pengalaman terbaik dari Cahaya Utara, langit harus benar-benar gelap.

Kali ini, Agoda, salah satu agen perjalanan online yang bertumbuh paling pesat, akan memberi sedikit pencerahan tentang beberapa tujuan wisata terbaik untuk menikmati aurora borealis yang mempesona.

Islandia

Islandia terletak dekat dengan lingkaran Arktik di Atlantik Utara sehingga menjadikannya salah satu destinasi terbaik untuk melihat aurora borealis. Meskipun Anda mungkin dapat menangkap cahaya yang menari-nari di langit itu di ibu kota Reykjavik, Anda mungkin mendapatkan peluang yang lebih baik di luar kota. Berkendaralah ke salah satu laguna gletser paling terkenal di Islandia, Jökulsárlón, di mana Cahaya Utara akan seakan-akan tampak berada di ujung gunung es.

Tempat Menginap:

Kurang dari lima belas menit berkendara dari laguna, Hali Country Hotel adalah pilihan yang cocok untuk pelancong yang bepergian dalam grup kecil dengan pilihan apartemen dua kamar.

Two-Bedroom Cottage

Skandinavia

Di seluruh Skandinavia, terdapat beberapa tempat untuk merasakan keagungan Cahaya Utara.

  • Norwegia

Tromsø adalah pilihan populer bagi para wisatawan yang mengejar aurora tidak hanya karena koneksi penerbangannya yang sangat baik, tetapi juga karena lokasi ini berada di tengah oval aurora, di mana fenomena Cahaya Utara yang sulit ditangkap ini sering terlihat. Pencinta kuliner dan pengunjung konser memiliki satu alasan lagi untuk mengunjungi Tromsø mengingat Tromsø juga merupakan kota yang ramai dengan banyak kegiatan lain, seperti festival makanan dan musik di sepanjang tahun.

Tempat Menginap:

Bagi yang menginginkan tempat menginap yang bebas repot, Radisson Blu Hotel Tromso merupakan titik keberangkatan yang ideal untuk perjalanan Anda di Tromsø. Hotel ini berada dalam jarak berjalan kaki ke tempat-tempat terkenal di kota ini termasuk Nordnorsk Kunstmuseum, Katedral Tromsø, dan Galeri Seni Krane.

Exterior view

  • Finlandia

Finlandia bukan hanya tempat asal Santa Claus. Selama musim Cahaya Utara, fenomena ini dapat dilihat hampir setiap malam di Finnish Lapland. Dengan kondisi cuaca yang tepat, Anda mungkin dapat melihat Cahaya Utara dari mana saja di Finlandia.

Tempat Menginap:

Karena Cahaya Utara dapat muncul dan menghilang secara tak terduga, Anda mungkin perlu tinggal di luar untuk sementara waktu untuk melihatnya. Berbaringlah di kehangatan Santa’s Hotel Aurora & Igloos di jantung Desa Luosto, dan saksikan Cahaya Utara dari iglo kaca di kamar Anda. Hotel ini bahkan memiliki sistem peringatan Northern Lights, jadi Anda tidak akan melewatkan pengalaman sekali seumur hidup ini.

  • Swedia

Saat berada di Swedia, Anda dapat mulai dengan Stockholm sebagai titik awal, sebelum melakukan perjalanan ke arah utara ke Swedish Lapland untuk menangkap Cahaya Utara di Taman Nasional Abisko. Terletak jauh dari lampu-lampu kota, langit yang gelap membuat cahaya-cahaya hijau Northern Lights tampak lebih cerah.

Tempat Menginap:

Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat aurora borealis langsung dari kamar Anda di Mattarahkka Northern Light Lodge. Sebelum langit menjadi gelap, jangan lupa untuk menikmati fika atau kopi ala Swedia!

Amerika Utara

 Alaska, Amerika Serikat

Fairbanks bisa dibilang adalah tempat terbaik untuk melihat langit aurora di Amerika karena kota ini terletak tepat di bawah oval aurora. Ada banyak hal lain yang dapat dilakukan di Fairbanks selain menunggu keindahan langit, misalnya bersantai di Aurora Ice Museum dan menikmati koktail di icebar, atau menghangatkan badan dan merasakan keindahan Alaska di Chena Hot Springs yang terkenal.

Tempat Menginap:

Menawarkan kamar dan suite yang luas, Fairbanks Moose Manor B&B menghadirkan keramahan Alaska dan sarapan rumahan, hanya beberapa menit dari kota. Dengan sedikit polusi cahaya di daerah tersebut, Anda memiliki peluang bagus untuk menangkap keindahan Cahaya Utara dari kamar Anda sendiri.

  • Kanada

Anda dapat melihat aurora dari berbagai tempat di Kanada, terutama di wilayah paling utara. Sejauh 400 kilometer ke arah selatan dari Lingkaran Arktik, aurora borealis adalah pemandangan umum di Yellowknife. Anda juga dapat berkemah di Desa Aurora, di mana Anda akan menikmati kursi menonton outdoor yang dilengkapi pemanas dan berputar 360 derajat demi mendapatkan tampilan langit yang sama sekali tidak terhalang.

Tempat Menginap:

Bersantailah di Aurora Deluxe Guest House yang modern. Anda dapat berkenalan dengan sesama tamu di dapur dan ruang makan yang dipakai bersama-sama, sambil menunggu pertunjukan cahaya.

images