Tips Memilih Mesin Cuci [Pinkkorset]

Tips Memilih Mesin Cuci

PinkKorset.com, Jakarta – Ada baiknya Anda memilih mesin cuci sesuai kebutuhan agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Product Marketing Manager Fabric Care and Food Preservation PT Electrolux Indonesia, Millatina Urfani menjelaskan, mencuci pakaian paling ideal menggunakan tangan karena tidak mudah merusak serat kain. Hanya saja mencuci dengan tangan tidak hemat waktu dan air.

“Paling aman menggunakan mesin cuci tipe bukaan depan (front loading),” ucapnya kepada PinkKorset di sela-sela acara Electrolux Taste and Care Exhibition 2019 di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Potensi mesin cuci tipe front loading merusak serat kain hanya 10%. Sementara dua tipe mesin cuci lainnya, top loading berpeluang merusak serat kain 25% dan tipe tabung ganda (twin tub) hingga 50%.

Mesin cuci front loading cenderung paling ramah untuk serat pakaian dan hemat air. Pencucian pakaian berlangsung secara otomatis, mulai perendaman, pencucian, pembilasan, pemerasan hingga pengeringan. Kecanggihan dan kepraktisan mesin ini umumnya membutuhkan tekanan air tinggi (perlu terhubung penampung air). Tak hanya itu, alat ini cenderung memakan daya listrik yang besar.

“Tapi Electrolux memiliki mesin cuci front loading Ultra Eco 350 watt dengan fitur hijab dan batik dibuat khusus untuk masyarakat Indonesia,” sambungnya.

Ada pula mesin cuci top loading dengan ciri satu tabung bukaan atas. Kendati tidak secanggih front loading, mesin cuci ini lebih praktis dibandingkan twin tub. Pencucian, pembilasan, pemerasan berlangsung di satu tabung. Hanya saja kelemahan mesin cuci ini membutuhkan tekanan air tinggi dan berisiko tinggi pakaian menjadi kusut.

Sementara tipe terakhir yakni twin tub yang memilki dua tabung terpisah untuk pencucian dan pemerasan. Anda mencuci dan membilas pakaian di satu tabung besar serta memerasnya di tabung sebelahnya. Memang merepotkan tetapi lebih pemasangan di rumah lebih mudah atau fleksibel.

Hal terakhir tentu saja menyesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah pakaian anggota keluarga. Biasanya kapasitas mesin cuci untuk rumah tangga tersedia mulai 6 kg hingga 20 kg.