Tren Pengguna Aplikasi Selama Ramadan

PinkKorset.com, Jakarta – Tahukah Anda, ternyata selama Ramadan para pengguna aplikasi konten memiliki kebiasaan khusus?

Tercatat ada beberapa perubahan aktivitas para pengguna aplikasi konten yang terdeteksi selama bulan Ramadan. Pertama, pengguna memiliki lebih banyak waktu untuk mencari konten, kemudian tingkat penggunaan konten seperti kuliah tujuh menit menjadi yang paling besar. Selain itu, generasi muda terlihat memiliki minat pada penggunaan bahasa dan desain yang sesuai.

Pengguna juga disebut secara lebih aktif menggunakan aplikasi konten pada waktu jelang berbuka puasa. Hal ini diperkirakan sebagai cara menghabiskan waktu dan menghilangkan rasa bosan saat menunggu adzan maghrib.

“Ada perubahan kebiasaan pengguna selama Ramadan dibanding periode biasanya. Dan kami ingin membuat pengguna merasa bahwa LINE itu gue banget, dengan cara kami hadirkan dengan bahasa yang kekinian,” ujar Marketing Director LINE Indonesia Ina Nurulita, Jumat (10/5/2019).

Salah satu cara yang dilakukan adalah peluncuran fitur LINE Ramadan bertajuk “Jurus Lebih Teladan” (Julit). Fitur yang ada di aplikasi dan situs web ini menyuguhkan tiga konten utama yang meliputi Julit Ramadan, Rejeki Anak Soleh, serta Baper (Baca Petunjuk Ramadan).

LINE mencatat bahwa tingkat partisipasi pada kuis Rejeki Anak Soleh tahun lalu mencapai puncak, sebesar 80 persen, pada pukul 4 hingga 6 sore.

Sementara fitur Kuliah Tujuh Menit (Kultum) menjadi salah satu fitur terpopuler di penawaran LINE Ramadan yang disuguhkannya pada tahun lalu. Hal ini mendorong LINE untuk menghadirkan konten ini, namun dengan konsep berbeda.

Konsep baru kultum ini dihadirkan LINE Ramadan melalui fitur bertajuk Baper, berisi tujuh pesan seputar Ramadan yang disampaikan melalui chat, oleh sejumlah selebriti, seperti Cinta Laura Kiehl, Amanda Rawles, Sivia Azizah dan Ari Irham.