Waktu Ideal Bangun Bonding dengan Anak [google]

Waktu Ideal Bangun Bonding dengan Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Semakin dini membangun perlekatan atau bonding orangtua dan anak maka akan semakin baik.

Psikolog Anak dari Tiga Generasi, Chitra Annisya, M.Psi menjelaskan, dua tahun pertama anak adalah waktu kritis membangun perlekatan atau bonding antara orangtua dan anak.

“Memulai bonding bisa dilakukan sejak anak dalam kandungan,” ucapnya saat pembukaan Zwitsaland di Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

Bentuk bonding pada anak dalam kandungan antara lain mengajaknya mengobrol, menyentuh maupun bernyanyi. Kemudian setelah anak lahir bentuk bonding diaplikasikan dengan bersikap sensitif dan responsif saat anak butuh.

“Ada tiga elemen utama menciptakan momen bonding dengan buah hati, yakni kontak mata, sentuhan dan interaksi,” sambungnya.

Chitra mencontohkan ketika anak menangis, orangtua tidak mendiamkan tetapi merespon apa yang dirasakan anak. Misalkan anak merasa lapar, mengompol maupun sakit. Dengan begitu anak merasa aman dan percaya terhadap orangtua.

Saat anak merasa aman dan dicintai, anak pun siap bereksplorasi. Mereka lebih siap, berani dan mandiri sehingga mampu belajar lebih banyak hal ketimbang anak yang diam saja serta tidak percaya diri.

“Tapi yang terpenting adalah orangtua konsisten melakukannya,” katanya.

Selaras dengan pentingnya bonding orangtua dan anak, Zwitsal menghadirkan Zwitsaland pada 20-21 April 2019 di Gandaria City, Jakarta.

Head of Skin Cleansing and Baby Care Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk., Maulani Affandi mengatakan, Zwitsaland hadir untuk memfasilitasi dan menginspirasi kebutuhan orang tua membangun momen bonding seru serta menyenangkan dengan buah hati lewat kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan setiap saat.

“Kami menyadari momen bonding sangat penting bagi anak usia dini karena mempengaruhi tumbuh kembangnya menjadi pribadi yang bahagia, mandiri dan tangguh,” tuturnya.

Beragam aktivitas tersedia di booth-booth Zwitsaland. Misalnya saja Zwitsal Sensory Corner, Zwitsal Cooking Corner, Zwitsal Science House, Zwitsal Fashion Corner, Zwitsal Traveling & Discovery dan Zwitsal Massage & Manicure Corner. Ada pula berbagai talk show dan performance seru di panggung.