3 Langkah Penting Sebelum Membeli Rumah

PinkKorset.com – Memiliki rumah sendiri adalah idaman bagi setiap orang.

Harga properti yang cenderung naik, investasi, hingga keinginan untuk memiliki hunian sendiri menjadi alasan mengapa orang ingin membeli rumah. Namun sayangnya, sebagian orang justru tergesa-gesa dan lupa mempertimbangkan beberapa faktor saat membeli rumah.

Berikut 3 langkah penting dari Rumah.com sebelum memutuskan membeli rumah.

Pertama, mencari informasi seputar dan rencana infrastruktur wilayah hunian yang menjadi incaran sehingga bisa mendapatkan gambaran bagaimana nantinya lingkungan hunian akan berkembang dan mengetahui bagaimana sarana infrastruktur akan tersedia termasuk transportasi massal.

Kedua, mencari informasi perbandingan harga properti satu lokasi yang sama maupun di sekitarnya agar bisa mendapatkan kisaran harga properti yang akurat dan sesuai fasilitas hunian yang didapatkan serta mencegah konsumen membeli properti di luar batas kewajaran.

Ketiga, melakukan simulasi KPR dan penghitungan plafon sesuai tingkat penghasilan agar konsumen bisa mengetahui perkiraan uang muka, perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan sehingga mencegah konsumen tidak mampu membayar besaran cicilan di kemudian hari.