4 Cara Akses Kontrasepsi Saat Pandemi

PinkKorset.com – Di tengah pandemi Covid-19, sebagian pasutri mungkin merasa sulit mengakses dan memenuhi kebutuhan alat kontrasepsi.

Pandemi corona yang telah berlangsung selama beberapa bulan ini telah berdampak pada sektor kesehatan. Salah satunya kesehatan seksual dan reproduksi, dalam hal akses dan ketersediaan alat kontrasepsi serta layanan Keluarga Berencana.

Selama masa karantina #DiRumahAja, pasangan suami istri tidak bisa lagi berkunjung ke bidan atau rumah sakit untuk meminta resep pil KB, mengikuti jadwal suntik, pemasangan implan, ataupun pengecekan IUD. Padahal, justru di saat seperti ini, kontrasepsi sangat dibutuhkan seiring meningkatnya kebutuhan kedekatan pasutri selama masa #DiRumahAja.

Organisasi kesehatan dunia WHO pun sudah mengeluarkan himbauan agar pasangan dapat menggunakan metode kontrasepsi modern untuk mencegah kehamilan di masa Pandemi Covid-19 ini.

“Hal ini karena perempuan hamil mengalami sistem imun yang rentan, sehingga bisa menambah potensi penularan Corona bagi diri sendiri dan orang lain, serta untuk mengatasi ketidak-pastian ekonomi yang berpengaruh terhadap perencanaan keluarga,” ujar Ade Maharani, Head of Marketing DKT Indonesia yang membawahi brand kontrasepsi Andalan, Sutra, Fiesta, dan Supreme.

Lantas, bagaimana solusinya agar masyarakat tetap bisa mengakses kontrasepsi di tengah wabah Corona ini?

Berikut beberapa alternatif bagi masyarakat yang ingin mengakses kontrasepsi pada masa pencegahan Covid-19 ini:

1. Membeli kontrasepsi secara online

Berbagai toko online masih menjual kondom serta pil KB, sehingga Anda bisa memesannya tanpa perlu keluar rumah. Beberapa gerai terpercaya yang menjual produk kontrasepsi secara online misalnya Asmaraku, Klik-K24, Kimia Farma Online, Halodoc, Grab Health, Shopee, Tokopedia, Jd.id serta Lazada. Jangan lupa tanyakan ketersediaan stok serta memastikan tanggal kadaluwarsa. Usahakan toko yang Anda pilih memiliki reputasi baik. Caranya, baca kolom ulasan terlebih dahulu.

2. Konsultasi online dengan tenaga medis atau telemedicine

Sebelum memutuskan menggunakan kontrasepsi modern, Anda bisa berkonsultasi secara online dengan bidan dan dokter melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp 0811-1-326459 pada Senin hingga Jumat pukul 08.00–17.00 WIB. Selain dijamin kerahasiaannya, Anda juga bisa meminta nomor kontak Bidan Andalan terdekat di wilayah tempat tinggal Anda.

3. Memanggil dokter atau bidan ke rumah

Anda pun bisa memanggil tenaga medis ke rumah untuk mendapat layanan suntik KB.

4. Gunakan Postpil atau Kontrasepsi Darurat untuk Keadaan Mendesak

Apabila sudah terlanjur melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan alat kontrasepsi, Anda bisa menggunakan Postpil atau Kontrasepsi Darurat paling lama 120 jam atau 5 hari setelah melakukan hubungan seksual. Anda bisa mendapatkan Postpil di apotek terdekat dengan menyertakan resep dokter terlebih dahulu.