4 Jenis Makanan yang Sering Terbuang

PinkKorset.com – Limbah makanan atau food menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia.

Di Inggris, makanan senilai belasan miliar pound sterling diperkirakan terbuang setiap tahunnya. Salah satu penyumbang terbesar food waste adalah makanan kedaluwarsa yang berakhir di tempat sampah.

Lalu apa saja jenis makanan yang terbuang sia-sia?

Roti

Roti menjadi makanan yang paling banyak terbuang di dunia. Lebih dari 240 juta irisan roti dibuang setiap tahun. Untuk mencegah roti cepat rusak atau berjamur, simpan roti dalam tempat yang kering. Pastikan juga tanggal pembuatan dan perkirakan apakah roti itu akan langsung habis atau tidak usai diproduksi.

Susu

Sekitar 5,9 juta gelas susu sengaja dibuang ke wastafel tiap tahun. Minuman yang satu ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi pertumbuhan, terutama anak-anak. Untuk mencegahnya terbuang sia-sia, gunakan susu untuk berbagai jenis menu. Mulai dari bahan membuat kue, memasak atau membuat aneka minuman.

Kentang

Ada sekitar 5,8 juta kentang tiap tahun yang berakhir di tempat pembuangan. Kentang adalah makanan berkarbohidrat pengganti nasi atau tepung. Sebenarnya, kentang dapat bertahan lama bila disimpan di lemari pendingin. Jangan biarkan terlalu lama di luar ruangan dan terpapar sinar matahari.

Keju

Keju bisa bertahan sangat lama. Jadi tidak ada alasan untuk membuangnya. Jika berjamur, buang sebagian jamur yang menempel. Sementara sisanya masih bisa di konsumsi. Anda bisa menambahkan keju pada sejumlah makanan seperti lasagna, makaroni atau makanan lainnya.

 

 

Belum Ada Berita Terkait