5 Faktor Risiko Terpapar COVID-19

PinkKorset.com – Ketika pemerintah melonggarkan pembatasan dan menerapkan kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19, tanggung jawab menjaga kesehatan ada di tangan masing-masing.

Empat dokter asal Amerika Serikat (AS) mengungkapkan 5 faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan seberapa besar risiko suatu aktivitas terpapar Corona.

Mereka adalah Dr. Matthew Sims, direktur penelitian penyakit menular Beaumount Health; Dr. Dennis Cunningham, direktur medis pencegahan infeksi McLaren Health Care; Dr. Mimi Emig, spesialis penyakit menular Spectrum Health; dan Dr. Nasir Husain, direktur medis pencegahan infeksi Henry Ford Macomb.

Para pakar tersebut menjabarkan lima faktor yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan aktivitas.

Lokasi
Anda sebaiknya memperhatikan apakah suatu aktivitas dilakukan di dalam atau luar ruangan. Aktivitas outdoor secara umum aman, karena virus tidak terkonsentrasi dan berputar-putar seperti di dalam ruangan.

Jarak dengan orang lain
Anda juga memperhatikan bagaimana jarak Anda dengan orang lain dalam aktivitas tersebut. Aktivitas yang tidak mendukung social distancing seperti bermain basket atau nonton konser, jelas lebih berisiko.

Waktu Pemaparan
Para ahli juga menegaskan bahwa waktu pemaparan adalah faktor yang berpengaruh. Berpapasan dengan orang lain saat berjalan di luar ruangan lebih aman ketimbang duduk bersama di dalam ruangan selama berjam-jam.

Tingkat kepatuhan
Beberapa tempat saat ini menerapkan kepatuhan dengan berbagai langkah pencegahan. Namun tidak semuanya. Tempat-tempat yang menuntut kepatuhan, tentunya berisiko lebih rendah ketimbang tempat yang tidak mewajibkan orang mematuhi anjuran-anjuran.

Tingkat risiko pribadi
Anda juga harus mempertimbangkan risiko pribadi, apakah memiliki kondisi kesehatan yang lebih rentan terhadap Covid-19 atau tidak.