Agoda Luncurkan GoLocal Tonight Perdana di Indonesia

PinkKorset.com – Platform perjalanan digital Agoda meluncurkan fitur GoLocal Tonight untuk memfasilitasi wisatawan yang memiliki rencana spontan.

GoLocal Tonight adalah fitur terbaru Agoda yang memungkinkan wisatawan membuat pemesanan di hari yang sama, dengan potongan harga hingga 30 persen dari akomodasi yang berpartisipasi.

Fitur ini diluncurkan karena berdasarkan data pencarian dan booking Agoda, ada kenaikan pada booking lead times yang lebih singkat (0-3 hari).  “Survei kami menunjukkan pemesanan last minute saat ini sangat besar. Dengan adanya COVID ini, customer ternyata sangat hati-hati dan mereka lebih cenderung membuat booking-an yang last minute,” ungkap Gede Gunawan, Country Director Agoda Indonesia.

Gunawan mengatakan, pandemi telah menciptakan disrupsi yang sangat besar terhadap industri pariwisata di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak hotel dan usaha-usaha kecil yang bergerak dalam bidang pariwisata ikut terdampak. “Kita sangat fokus dengan akomodasi-akomodasi seperti ini. Kita juga bisa membantu mereka yang ada di seluruh Indonesia,” ujarnya dalam Agoda Media Briefing secara virtual, Selasa, 27 Oktober 2020.

Seperti diketahui, lima bulan sejak Badan Kesehatan Dunia WHO mendeklarasikan status pandemi, berlanjut pada larangan bepergian ke luar negeri, sektor pariwisata domestik yang mengandalkan kunjungan wisatawan mancanegara terguncang.

Di Indonesia, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan total kunjungan wisman periode Januari-Agustus 2020 hanya 3,41 juta, atau anjlok 68,17% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Indonesia pun diperkirakan akan kehilangan devisa lebih dari Rp 213 triliun karena penurunan jumlah wisatawan mancanegara. Kondisi ini juga berimbas pada pelaku industri pariwisata.

Benefit apa yang diperoleh mitra Agoda?

Penyedia akomodasi yang berpartisipasi dalam inisiatif Agoda GoLocal akan memperoleh keuntungan dari pendekatan multi-channel yang dapat membantu meraih dan memenuhi keinginan wisatawan yang mencari tawaran wisata domestik terbaik.

Gunawan menuturkan, saat ini Agoda telah memiliki lebih dari 500 mitra hotel di seluruh Indonesia yang telah bergabung dalam kampanye ini dan menawarkan diskon hingga 30%, “Kami berharap jumlah itu akan meningkat karena kami telah meluncurkan GoLocal Tonight secara resmi.”