Ahli Gizi Bagikan Tips Jaga Imunitas [Pexels]

Ahli Gizi Bagikan Tips Jaga Imunitas

PinkKorset.com – Menjaga sistem kekebalan tubuh saat puasa, ternyata tidak sulit.

Salah satu faktor penting dalam menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang baik. Untuk mempertahankan sistem imunitas tersebut, bahkan di saat puasa, ternyata tidak sulit. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin dan mineral melalui makanan yang sehat dan berimbang.

Ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menjelaskan bahwa berpuasa bukan berarti kebutuhan tubuh akan zat gizi menjadi berubah, hanya saja waktu makannya yang berbeda.

“Pada kebanyakan orang yang berpuasa, jam makan menjadi lebih pendek dibandingkan waktu tidak berpuasa dan mereka juga memiliki kecenderungan memilih makanan dan minuman yang manis, sehingga kesempatan untuk memenuhi zat gizi terkait imunitas menjadi berkurang,” kata Dr. Rita.

Berikut beberapa tips menjaga sistem imun selama puasa dari Dr. Rita.

1. Penuhi konsumsi makanan sumber protein yang rendah lemak atau sedang lemak (seperti ayam tanpa kulit, tempe, tahu, kacang hijau, susu), minimal pada tiga kali waktu makan, yaitu makan malam (setelah Shalat magrib), menjelang tidur (makanan selingan berprotein), dan saat sahur. Bisa juga ditambah saat menjelang imsak, misalnya dengan segelas susu hangat.

2. Penuhi konsumsi buah-buahan minimal tiga kali sehari. Utamakan buah yang mengandung air tinggi dan dimakan utuh. Namun jika ingin dibuat jus maka tidak dianjurkan untuk menambahkan gula atau krimer kental manis, sirop, dan pemanis buatan lainnya.

3. Penuhi konsumsi sayur-sayuran minimal di dua kali waktu makan, yaitu saat makan malam dan makan sahur. Utamakan pengolahannya dengan berkuah bening atau menggunakan santan encer.

4. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis karena akan melemahkan fungsi sel darah putih dalam memakan mikroorganisme berbahaya.

5. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang berlemak serta makanan olahan dengan berbagai tambahan zat kimia. Hal ini dapat memicu berbagai peradangan di dalam tubuh.

6. Cukupkan asupan cairan dari air putih, kuah sayur, buah-buahan dan sumber cairan lainnya.

7. Lakukan perenggangan sederhana beberapa kali dalam sehari, untuk menurunkan produksi hormon stres.

8. Berjemurlah 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan vitamin D.

9. Tingkatkan penggunaan berbagai rempah dalam pengolahan makanan dan minuman sehari untuk mendapatkan berbagai zat fitokimia yang dapat mencegah berbagai inflamasi dalam tubuh.

10. Kelola tingkat stres untuk memelihara keseimbangan hormon di dalam tubuh.