Ajarkan Olahraga Sejak Dini ke Anak

PinkKorset.com – Banyak gaya hidup sehat yang bisa diajarkan ke anak-anak sejak dini. Salah satunya adalah berolahraga.

 Olahraga adalah aktivitas menyenangkan yang bisa diperkenalkan ke anak sejak dini. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan sederhana ini.

Psikolog Anak Vera Itabiliana menuturkan olahraga itu sangat baik untuk pendidikan karakter anak. Dengan olahraga, anak belajar tentang disiplin, pantang menyerah, percaya diri. “Olahraga juga berguna untuk anak belajar tentang kerja sama,” ujarnya.

Permainan dalam olahraga juga dapat mengajarkan sportivitas pada anak. “Seperti kalau kalah, tidak perlu marah dan kalau menang, tidak boleh sombong. Semua itu terdapat dalam olahraga,” imbuhnya. 

Selain pembentukan karakter, olahraga juga dapat menciptakan kenyamanan psikologis pada anak. Hal ini karena adanya hormon endorfin yang keluar saat berolahraga. Hormon ini dapat mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman sehingga membuat anak rileks.

Vera mengatakan banyak orang yang mempertentangkan antara perkembangan olahraga dan akademis. Padahal, hal tersebut saling mendukung untuk tumbuh kembang anak. “Aktif dalam olahraga itu akan mendukung anak untuk mencapai prestasinya. Kepercayaan diri anak akan menular ke bidang akademisnya,” ujar Vera.

 Dengan olahraga, anak juga akan mempunyai daya tahan (endurance) dalam belajar, seperti tidak gampang capai. Anak juga akan bisa lebih tahan untuk mendengarkan guru di kelas. “Konsentrasinya akan membaik sehingga meningkatkan prestasi belajar. Jadi, keduanya saling mendukung,” kata Vera.

Dengan sederet manfaat olahraga, dibutuhkan peran orangtua untuk tetap menjadwalkan anak berolahraga.

Business Executive Officer Beverages Business Unit Nestle Indonesia Mirna Tri Handayani mengatakan, meski beraktivitas di rumah saja, bukan berarti orangtua mengabaikan kebiasaan sehat anak. Justru di momen inilah yang bisa memudahkan orangtua mengontrol anak agar mau menjalankan hidup sehat. 

“Dengan hadirnya berbagai kegiatan olahraga bagi anak di rumah, kami percaya bahwa olahraga tidak hanya memberikan manfaat jasmani. Namun juga mengajarkan nilai-nilai terbaik dalam kehidupan,” ujarnya dalam keterangan resmi Milo #GenerasiSehat&Aktif.