Atasi Stres dengan Mendengarkan Musik

PinkKorset.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran, salah satunya adalah dengan mendengarkan musik.

Menurut Raymond Leone, music therapist di Inova Health Systems, Washington, Amerika Serikat, aktivitas mendengarkan musik saat menghadapi masa sulit, termasuk pandemi saat ini cukup efektif untuk mengurangi kecemasan dan dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja pada seseorang.

Musik ibarat teman setia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mendengarkan musik, Anda akan terbantu melupakan sejenak kekhawatiran yang ada. Selanjutnya, musik akan merelaksasi pikiran guna menaikkan mood untuk bekerja maupun belajar.

Mengutip dari laman lifehack.org, ada 5 jenis musik yang cocok untuk Anda dengarkan saat bekerja ataupun santai.

Bass-heavy
Mendengarkan musik yang memiliki alunan bass berat seperti We Will Rock You (Queen)  akan membuat Anda lebih percaya diri dan semangat saat bekerja. Sebaiknya jenis musik ini didengarkan selama istirahat atau sebelum mengerjakan tugas.

Constant
Musik ambient tanpa lirik ini sangat direkomendasikan untuk fokus bekerja atau belajar. Dengan ritme yang konstan dan tidak rumit, Anda bisa merampungkan pekerjaan dengan lebih baik. Sedangkan untuk pekerjaan yang dilakukan berulang tetapi tidak melibatkan banyak fungsi kognitif tinggi, musik yang energetik dan konstan cocok dijadikan pilihan saat bekerja.

Klasik
Musik klasik memiliki beberapa manfaat terhadap fungsi psikologis, seperti denyut nadi dan jantung yang lebih lambat, menurunkan tekanan darah dan tingkat hormon stres. Untuk pekerjaan yang sangat menegangkan, musik klasik dapat mengendurkan saraf dan meningkatkan suasana hati, sehingga konsentrasi dan etos kerja menjadi lebih baik.

Mozart
Bagi yang menyukai musik dari Mozart, juga bisa memutarnya untuk meningkatkan pembelajaran dan memori keterampilan. Karena pengaruh positif musik ini maka muncul istilah “The Mozart Effect”. Ketika tugas dan pekerjaan Anda  melibatkan banyak pemikiran dan ingatan, mungkin ada baiknya memutar sejenak musik karya Mozart.

Pop
Menurut studi Mindlab, musik pop dapat membantu penyelesaian pekerjaan 58% lebih cepat daripada mereka yang tidak mendengarkan musik. Pop merupakan genre musik yang paling banyak dipilih mereka yang bekerja memeriksa dokumen, karena bisa menurunkan tingkat kesalahan hingga 14%.

Selain kelima jenis musik di atas, Anda bisa memilih genre musik yang sesuai dengan kesukaanmu. Padukan musik favorit Anda dengan perangkat pemutar lagu yang dilengkapi dengan pengalaman audio terbaik.

OPPO A92 yang dilengkapi dengan fitur Dirac 2.0 dan Dual Stereo Speaker bisa memberikan efek suara nyaman bagi telinga. Selain itu, fitur barunya yakni mode layar hitam akan menghemat baterai saat mendengarkan YouTube Music seharian.

Satu yang tak kalah penting dicatat adalah ketika memutar musik saat bekerja sebaiknya Anda  tidak mengganggu rekan-rekan kerja di sekitar. Solusinya bisa dengan menggunakan headset, baik yang versi kabel atau nirkabel (wireless) seperti OPPO Enco Series (M31, W31, dan W11).

Saat ini, OPPO Indonesia berkolaborasi dengan Disney and Pixar’s Toy Story menyediakan perangkat Enco W11 Disney and Pixar’s Toy Story Edition. Perangkat wireless headset ini bisa diperoleh konsumen yang melakukan pembelian perangkat A series mulai dari A12, A31, A52, dan A92. Konsumen dapat mengisi data diri dan IMEI perangkat OPPO A-series yang telah dibeli melalui tautan https://oppomobile.id/aseries/disney/

Selama periode 10 – 30 Juni 2020, OPPO akan melakukan pengundian untuk memilih 30 konsumen beruntung setiap minggunya, yang akan mendapatkan edisi spesial Enco W11 Disney and Pixar’s Toy Story Edition.