Benyamin Sueb Muncul di Google Doodle!

PinkKorset.com – Sosok Benyamin Sueb muncul di Google Doodle hari ini. Siapakah ia?

Benyamin Sueb atau akrab dipanggil Bang Ben adalah artis atau aktor, pelawak, sutradara dan penyanyi ikonik Indonesia. Ia lahir di Batavia, 5 Maret 1939 dan meninggal dunia di Jakarta, 5 September 1995 pada umur 56 tahun.

Semasa hidupnya, Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film.

Dia pertama kali memasuki dunia musik pada tahun 1950-an sebagai anggota band Melody Boys. Lagu-lagu hits yang pernah dibuat dan dinyanyikannya adalah Nonton Bioskop dan Hujan Grimis.

Pada 1970-an, Benyamin terjun ke dunia akting dan film. Di dunia seni peran pun Ia cukup sukses dengan membawakan karakter anak Betawi yang senang bercanda dan menularkan nilai-nilai Betawi.

Salah satu karya seni peran yang cukup sukses diperankan adalah Si Doel Modern dan Si Doel Anak Sekolahan. Film yang menggambarkan dilema anak Betawi dalam menghadapi modernisasi ibu kota.

Pada tahun 1990, Benyamin mendirikan Radio Ben, satu-satunya stasiun radio di Indonesia yang didedikasikan untuk Betawi, yang terus memainkan musik Sueb hingga hari ini.

Mengapresiasi dedikasinya untuk menjunjung tinggi warisan budaya Betawi, hari ini dua tahun lalu, Jakarta meresmikan Taman Benyamin Sueb sebagai wadah untuk mengeksplorasi dan mengembangkan sejarah dan budaya Betawi.

Di dalam taman, terdapat museum ‘Benyamin Sueb’ yang menyimpan berbagai barang peninggalan Benyamin, seperti kaset, pakaian yang pernah digunakan almarhum saat pentas, puluhan penghargaan, dan foto-foto Benyamin Sueb sejak kecil hingga ketika telah menjadi tokoh terkenal.

Doodle Benyamin diilustrasikan oleh artis tamu asal Indonesia, Isa Indra Permana.

Isa mengaku tahu Benyamin Sueb sejak masih kecil. Benyamin adalah sosok legendaris di perfilman Indonesia, seorang aktor yang dikenang karena skill multi talenta dan kepribadiannya yang jenaka.

Inspirasi untuk doodle ini muncul dari beberapa komedi situasi Benyamin yang fenomenal, seperti “Si Doel Anak Sekolahan.” Lalu gaya berpakaian khas Betawi-nya dan lagu hit “Kompor Meleduk” yang langsung terlintas di benak Anda saat seseorang menyebut nama Benyamin Sueb.

Ia pun berharap melalui doodle ini, masyarakat akan ingat dengan kecerdasan dan warisan Benyamin. “Seninya merupakan medium untuk mengekspresikan dirinya. Dia adalah dan akan terus menjadi sosok yang inspiratif,” tutupnya.