Budaya, Motivasi Wisatawan Bepergian

PinkKorset.com – Ketertarikan akan budaya menjadi salah satu motivasi orang untuk melakukan perjalanan.

Budaya lokal yang membentuk cara hidup masyarakat di suatu negara, merupakan salah satu hal unik yang dicari wisatawan. Entah hanya untuk menikmati, memperluas wawasan atau mempelajarinya, budaya menjadi salah satu pendorong seseorang untuk bepergian.

Hal ini sesuai dengan survei Penggunaan & Perilaku Agoda, yang menyebutkan ada lima alasan utama yang menjadi motivasi jalan-jalan para wisatawan di seluruh dunia, salah satunya adalah budaya.

Berdasarkan destinasi favorit wisatawan Agoda sepanjang tahun 2019, dikombinasikan dengan motivasi jalan-jalan par wisatawan, berikut panduan praktis dari Agoda untuk bepergian di dunia virtual.

Motivasi Jalan-Jalan #5 – BUDAYA

Survei Penggunaan dan Perilaku Agoda menemukan bahwa budaya (artefak, tarian, seni) merupakan alasan teratas kelima untuk bepergian bagi para wisatawan di seluruh dunia.

MUSEUM DAN GALERI

Seni

  • Bila Anda tertarik untuk melihat lukisan Mona Lisa, The Wedding at Cana atau Venus de Milo, yang terdapat di Le Louvre di Paris yang terkenal itu, segera ikuti tur virtual ini dan lihat dari dekat lukisan-lukisan terkenal di dunia tersebut. Semuanya tanpa perlu meninggalkan rumah.

Clear Glass Museum during Golden Hour

  • Ranah budaya Singapura kini semakin berkembang dengan merebaknya teater, pertunjukan seni, dan kuliner yang bisa dinikmati. Coba jelajahi dengan mengunjungi ArtScience Museum yang terletak tepat di jantung Kota Singa ini, berada di dekat Hotel Marina Bay Sands yang ikonik, dan menghadap ke Pelabuhan. Museum ini menyelenggarakan berbagai pameran luar biasa sepanjang tahun. Saksikan pertunjukan seni kontemporer dan sains di museum ini selama masa #dirumahaja ini.
  • Sementara itu, Museum Seni Kontemporer Bangkok memiliki banyak koleksi lukisan dan pahatan berharga yang mempromosikan dan menyoroti kekayaan warisan budaya Thailand. Meskipun tidak sepenuhnya interaktif, para pelancong masih dapat belajar tentang karya-karya seniman lokal Thailand seperti Profesor Emeritus Chalood NImsamer, dan Profesor Paitun Muangsomboon.

MOCA BANGKOK, Bangkok, Thailand - Museum of Contemporary Art

Museum Seni Kontemporer Bangkok (MOCA) – Trover

  • Setiap kunjungan ke New York tidak lengkap tanpa kunjungan ke Metropolitan Museum of Art, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk membangkitkan keinginan Anda untuk mengunjungi museum ini di masa mendatang selain dengan tur virtual terlebih dahulu. Proyek Met 360 telah merilis rangkaian enam video pendek yang mengundang pemirsa untuk secara virtual mengunjungi seni dan arsitektur Met dengan cara yang segar dan mendalam. Alami luasnya enam aula di museum ini, yang meliputi The Great Hall, The Cloisters, The Temple of Dendur, The Met Breuer, The Charles Engelhard Court, serta Arms and Armor Galleries.

Metropolitan Museum of Art, NY – Planet Detective

    • Metropolitan Museum of Art, NY – Planet Detective

Sejarah

  • Budaya pop Korea mungkin sangat berpengaruh sekarang, tetapi Korea memiliki sejarah yang panjang, membanggakan, dan menarik yang perlu ditelusuri lebih lanjut. Pilihlah zaman yang ingin Anda telusuri melalui Gyeonggi Art and History dengan tamasya virtualnya ke beberapa situs warisan UNESCO di Korea Selatan, termasuk pusat warisan dunia Namhanhangseoung, Jeongak Pre-history Museum dan Gyeonggi Museum of Modern Art.

Namhansanseong Park and Fortress: Hiking In Seoul

Taman dan Benteng Namhansanseong – The Seoul of Seoul

  • Di Malaysia, yang menempati peringkat nomor tiga dalam daftar destinasi teratas bagi wisatawan Agoda selama tahun 2019, Anda dapat menelusuri sejarah Islam dengan walk-through virtual di Islamic Arts Museum di Kuala Lumpur, yang menampilkan sejarah budaya yang kaya akan pengaruh Islam dalam hal seni, arsitektur, pakaian, dan kaligrafi sejak 1400 tahun yang lalu.
  • National Palace Museum di Taipei menawarkan tur virtual yang sepenuhnya interaktif sehingga wisatawan dapat menikmati museum dan artefak bersejarah sebebasnya.

Sains

  • Jika Anda lebih tertarik dengan dunia sains, nikmati pemandangan 360 derajat dari Natural History Museum kelas dunia di London dari rumah Anda.

TEATER DAN MUSIK

  • Mengunjungi teater untuk menonton pertunjukan drama, musikal atau tarian memang memberi kesan tersendiri. Meskipun saat ini Anda tidak bisa pergi ke Broadway atau West End, Royal Opera House atau konser pop artis favorit Anda, dengan keajaiban showbiz dan teknologi modern, semuanya bisa Anda nikmati.

Balet

Swan Lake – Russian Broadway

Musikal

  • Jika Anda memiliki obsesi musikal, saksikan karya Andrew Lloyd Webber yang berjudul ‘ The Shows Must Go On’, yang mencakup lagu The Phantom of the Opera, dan Joseph and the Amazing Technicolored Dream Coat.

Opera

  • Jika Anda tidak bisa menunggu sampai teater dibuka kembali atau hanya ingin mencicipi dunia Opera untuk menyaksikan kemegahan penampilan Gloriana atau Cosi fan Tutte dari Mozart, lihatlah Royal Opera Houses Our House to Your House di YouTube.
  • Tidak mau kalah, dan sama-sama terkenal karena bangunannya yang khas dan karena pertunjukannya, saksikan pertunjukan musik dan tarian ‘live’ dari Sydney Opera House.

Teater

  • Jika Anda senang melihat para aktor tampil di atas panggung, dan merindukan karya-karya The Bard yang diadakan di Globe Theatre Shakespeare yang terkenal di London, bersiaplah untuk terinspirasi dan terpesona, melalui serangkaian pertunjukan ‘live’ di sini.

Shakespeareglobe

Budaya Pop

  • Para penyanyi terkenal mungkin tidak bisa mengadakan konser di stadion saat ini, tetapi mereka mencoba memberikan yang terbaik untuk tampil dari rumah mereka. Jadi, entah Anda suka music rock ala Bruce Springsteen, bernyanyi bersama dengan Gary Barlow dan beberapa artis terkenal di dunia selama sesi Crooner Sessions, atau ingin mendengarkan artis-artis Columbia Records seperti Diplo dan John Mayer, Anda bisa menyaksikan siaran langsungnya atau melalui akun sosial media mereka.

 

Baca selanjutnya:

Motivasi Jalan-Jalan #1 – ALAM/PEMANDANGAN 

Motivasi Jalan-Jalan #2  – PANTAI