Cara Mudah Menata Dapur

PinkKorset.com – Banyaknya aktivitas di rumah selama pandemi, membuat pamor area dapur meningkat.

Ya. Selama masa #diRumahAja, dapur tentunya menjadi area yang cukup banyak dikunjungi. Berkumpulnya anggota keluarga membuat aktivitas makan menjadi lebih sering dilakukan, kulkas pun lebih sering diintip.  Apalagi bagi yang hobi ataupun baru coba-coba membuat masakan.

Itu alasan pentingnya menata dapur. Selain selalu terlihat bersih, dapur yang tertata membuat aktivitas menyiapkan makanan lebih nyaman.

Berikut langkah mudah yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan dapur rapi tertata.

  1. Buat perencanaan

Pertama, buatlah rencana tentang menu makanan yang akan dimasak dalam sepekan ke depan. Tulislah menu untuk memastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan saat memasak. Kemudian, berbelanjalah bahan makanan secara online untuk mengurangi keluar rumah.

Anda dapat memesan 7 hari sekaligus untuk sebagian besar produk segar. Sebaiknya beli bahan-bahan yang bisa digunakan dalam berbagai resep. Anda dapat memilih protein tanpa lemak, seperti dada ayam, kalkun tanpa lemak, salmon dan banyak sayuran, termasuk kale segar, kol, dan brokoli. Bahan makanan ini akan bertahan jauh lebih lama daripada kebanyakan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

Perencanaan ini akan memudahkan Anda untuk menata pasokan bahan makanan di dapur, setidaknya untuk sepekan ke depan.

  1. Sediakan berbagai produk pembersih

Pada masa pendemi ini, kebersihan harus selalu dijaga. Ada baiknya memiliki berbagai produk pembersih untuk memastikan kehigienisan semua bahan makanan Anda.

Saat barang belanjaan datang, pastikan untuk mencucinya. Botol kecap, makanan kaleng dan snack bisa dicuci dengan sabun biasa. Sedangkan buah-buah dan sayur dicuci dengan sabun khusus.

Meja makan, meja dapur, dan kompor juga harus sering dibersihkan jika banyak digunakan. Untuk kompor, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang bisa menghilangkan noda minyak, sedangkan meja makan bisa dilap dengan cairan disinfektan food grade.

Saat menata berbagai produk pembersih tersebut, klasifikasikan dalam beberapa kategori, yakni untuk penggunaan harian atau mingguan diletakkan di tempat yang mudah diakses seperti bawah wastafel dapur. Sedangkan pembersih cadangan bisa diletakkan di lemari penyimpanan, atau rak dapur bagian atas.

  1. Tempat penyimpanan

Anda telah membeli bahan makanan untuk 7 hari ke depan. Tentu membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup besar. Sisihkan waktu untuk mengosongkan yang tidak terpakai di dapur. Singkirkan peralatan masak yang rusak dan buang bahan makanan yang sudah kedaluwarsa. Lalu pisahkan makanan yang sekiranya masih bisa dikonsumsi atau tidak kedaluarsa.

Kelompokkan bahan makanan, seperti makanan ringan, makanan kaleng seperti sup, daging, sayuran, kemudian bumbu, minuman, kue, dan bahan sarapan.

Selanjutnya, atur lemari dengan meletakkan barang-barang yang lebih sering digunakan dekat dengan jangkauan. Upayakan setiap kali membeli bahan makanan baru, letakkan di belakang barang-barang yang lama. Hal ini agar yang lebih lama digunakan lebih dahulu, karena kemungkinan kedaluarsa yang lebih cepat.

Untuk mendapatkan tampilan yang baik, Anda bisa mengatur gelas, piring, atau peralatan yang serupa secara sejajar. Tambahkan peyekat agar peralatan dapur Anda di lemari tidak berantakan.

  1. Atur kulkas dan freezer

Dengan banyaknya bahan makanan dan seringnya aktivitas buka tutup kulkas, Anda sebaiknya juga mengatur  tata letak barang-barang di kulkas :

  1. Bersihkan  kulkas dari makanan yang sudah kedaluarsa
  2. Simpan buah-buahan dan sayuran yang sudah dicuci di tempat yang terlihat
  3. Letakkan pula camilan keluarga seperti puding dan cake di tempat yang mudah dijangkau
  4. Simpan bumbu dan minuman di rak pintu
  5. Gunakan wadah plastik di dalam freezer untuk menyimpan kategori bahan makanan yang sama.
  6. Tempatkan barang-barang yang lebih dekat tanggal kedaluarsanya di bagian depan freezer.