Cegah Corona, Maksimalkan Sirkulasi Udara

PinkKorset.com – Menjaga sirkulasi udara dalam ruangan penting dilakukan, terutama untuk mencegah bahaya virus Corona.

Badan kesehatan dunia WHO pekan lalu mengumumkan salah satu cara penyebaran virus Corona adalah melalui transmisi udara, tepatnya mikrodroplet.

Dengan ukurannya yang sangat kecil, mikrodroplet bisa melayang-layang dalam waktu yang cukup lama di udara dan menjadi ancaman penularan virus Corona COVID-19 secara airborne.

Karena itu, menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan wajib dilakukan, apalagi pada ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang tidak maksimal, “Paksakan udara tetap bergerak sehingga udara bisa digantikan dengan udara baru yang lebih segar, “kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto baru-baru ini.

Namun ia tidak menyarankan hanya mengandalkan pada kipas angin, yang dinilainya tidak cukup membuat sirkulasi udara berjalan baik, ”Karena kipas angin pada ruang tertutup hanya akan memutar-mutar udara di dalamnya.”

Membuka jendela di pagi hari atau menggunakan exhaust fan lebih disarankan agar sirkulasi udara di dalam ruangan jadi lebih maksimal, sehingga  risiko penularan virus Corona melalui mikrodroplet bisa dihindari. “Kalau menggunakan exhaust fan, misalnya, kita bisa menarik udara yang di dalam dan menggantikan udara yang baru,” jelasnya.

“Ini adalah upaya-upaya kita agar udara yang terjebak di ruang kerja tidak tertahan sampai berhari-hari tanpa ada sirkulasi yang memadai.”