Dehidrasi Dapat Picu Rasa Cemas?

PinkKorset.com – Benarkah kondisi kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi dapat memicu rasa cemas?

Fungsi kognitif atau disebut juga dengan kemampuan kognitif merupakan kemampuan dasar otak manusia dalam mengolah dan mengelola pikiran. Gangguan pada fungsi kognitif yang diindikasikan dengan penurunan fungsi otak, biasanya berkaitan dengan pertambahan usia.

Namun, kondisi tubuh yang tidak normal, seperti dehidrasi, ternyata juga dapat memicu gangguan fungsi kognitif.

Beberapa studi kesehatan mengungkapkan bahwa dehidrasi dapat mengganggu fungsi kognitif dan memengaruhi suasana hati (mood) seseorang. Padahal fungsi kognitif memegang peranan penting dalam mengatur persepsi, cara berpikir, kemampuan mengingat, dan merasakan emosi.

Apa kaitan dehidrasi dan fungsi kognitif?

Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) menjelaskan bahwa sebagian besar atau 75% otak manusia terdiri dari air. Ini berarti, apabila tubuh kehilangan 2% dari total air dalam tubuh, fungsi tubuh, termasuk otak akan terganggu. “Dengan terganggunya fungsi kognitif dan mood, seseorang akan merasa konsentrasinya menurun, mudah mengantuk dan lelah, serta lebih mudah cemas dan tegang,” ujarnya dalam acara Webinar Aqua bertajuk ‘Hidrasi Sehat dan Mindfulness untuk Kurangi Kecemasan di Normal Baru’, Kamis (25/06/2020).

Studi yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang dewasa, serta 1 dari 5 anak dan remaja di Indonesia belum secukupnya memenuhi kebutuhan hidrasi mereka.

Oleh karena itu, dr. Diana menekankan pentingnya memerhatikan frekuensi minum air demi menjaga kelancaran fungsi otak dan memelihara kesehatan tubuh.

“Faktanya, 28% orang dewasa dan 21-22% anak serta remaja di Indonesia masih belum memenuhi kebutuhan hidrasi mereka. Meski kebutuhan hidrasi setiap orang bervariasi tergantung pada banyak faktor, namun orang dewasa sehat dan aktif pada umumnya membutuhkan sekitar 2 liter air setiap harinya; dan secara sederhana kita dapat memenuhinya dengan 4 botol air mineral ukuran 600 ml,” paparnya.

Untuk memastikan aliran nutrisi dan hidrasi yang cukup guna menjaga fungsi fisiologis tubuh, dr Diana menganjurkan untuk mengawali dan mengakhiri hari dengan minum air”. Minumlah air secara berkala dan sebelum gejala dehidrasi muncul, seperti rasa haus.”

Hal senada diungkapkan praktisi Mindfulness dan Emotional Healing Adjie Santosoputro. Menurutnya, penting untuk menyeimbangkan asupan air dan nutrisi, serta mengelola pikiran dengan baik untuk mengurangi rasa cemas berlebihan.

“Pada prinsipnya, sebelum mengolah jiwa, kita tentu perlu memenuhi semua kebutuhan dasar fisik terlebih dahulu. Jika tubuh mengalami ketidakseimbangan, seperti dehidrasi, maka kondisi tubuh secara keseluruhan, termasuk kondisi emosional tentu terganggu,” ujar Adjie.