Deretan Pemenang Kompetisi Agoda

PinkKorset.com – Kompetisi foto GoLocal Agoda telah berakhir. Inilah karya-karya menakjubkan yang menunjukkan keindahan Indonesia. 

Agoda sangat gembira mengumumkan Arie Basuki (IG: @arbasbarong) sebagai pemenang kompetisi fotografi ‘Permata Kotaku, yang diluncurkan untuk menginspirasi warga Indonesia menemukan permata tersembunyi di negara mereka dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi kawasan dan kotanya sendiri, memperoleh lebih dari 800 entri yang menunjukkan keragaman lanskap dan budaya nusantara.

Foto kemenangan Arie menangkap keindahan Gunung Bromo di pagi hari, saat penduduk Tengger melintas sambil mengendarai kuda. Arie mengaku senang saat mengetahui terpilih sebagai pemenang. Ia menuturkan, pengambilan foto di Bromo sebenarnya tidak direncanakan. “Saya awalnya hanya ingin memotret suasana matahari terbit di bukit cinta Bromo. Namun, hasil fotonya kurang memuaskan karena cuaca agak berkabut. Akhirnya pagi langsung turun ke lautan pasir, pas kebetulan ada warga Tengger lewat dengan kondisi cahaya mendukung,” ujarnya.

“Ini mengapa saya suka menjelajah daerah-daerah di Indonesia. Saat berlibur, Saya memilih tujuan wisata lokal. Tanpa harus bepergian jauh, kita bisa menikmati kebudayaan dan alam yang eksotik,” katanya.

Sementara entri dari runner-up pertama Hendri Suhandi dan runner-up kedua Muchtamir, menunjukkan keindahan alam Pantai Pink di Labuan Bajo dan selebrasi budaya di Jeneponto, South Sulawesi.

Kompetisi fotografi Permata Kotaku oleh Agoda yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini diikuti oleh penduduk Indonesia dari seluruh nusantara, seperti Air Terjun Tumpuk Sewu di Malang, situs budaya Bori Kalimbuang di Toraja, hingga tarian tradisional Jaran Kepang Jathilan di Ponorogo.

Instagram pun dipenuhi ratusan foto yang menunjukkan aspek-aspek unik dari kota, kampung halaman, hingga tempat-tempat yang mereka sukai di Indonesia, serta alasan mengapa orang lain harus mengeksplorasi negara ini.

Deputi Bidang Pemasaran, Nia Niscaya mengaku sangat mengapresiasi program kompetisi foto ‘Permata Kotaku’ yang digagas oleh Agoda. “Program ini dapat menggambarkan keindahan destinasi-destinasi wisata di Indonesia dalam sebuah frame, karena sebuah foto dapat menggambarkan ribuan kata dan deskripsi secara visual.”

“Selain itu, program ini dapat menambah konten dan sarana promosi pariwisata Indonesia untuk menginspirasi dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi pilihan utama di Asia Pasifik”, ujarnya di Jakarta, Kamis (24/9/2020).
Dua fotografer ternama Arbain Rambey dan Aryono Huboyo Djati, bergabung dengan perwakilan dari Agoda sebagai panel juri untuk menyeleksi para pemenang dari entri-entri luar biasa yang diterima.

Juri Arbain Rambey mengatakan, “Tidak mudah untuk memilih para pemenang. Semua partisipan menunjukkan, apakah Anda berusaha dekat dengan alam, menikmati sajian kuliner, atau menemui kebudayaan yang beragam, selalu ada harta karun yang tetap bisa digali dari nusantara tercinta ini, dari Danau Toba ke Borobudur, hingga ke Sulawesi. Mereka semua sangat menginspirasi.”

Sementara juri Aryono Huboyo menambahkan, melalui kompetisi foto lokal, Agoda berharap bisa menyoroti bahwa Indonesia lebih dari sekadar tujuan-tujuan wisata yang biasanya dikunjungi. “Banyak daerah yang eksotis selain Bali yang menjadi favorit semua orang, seperti Jeneponto dan Labuan Bajo, yang dari foto para pemenang terlihat sangat menakjubkan. Selamat untuk Agoda yang telah berusaha keras untuk menunjukkan keindahan dan budaya negeri kita ini di era ‘new normal’, menginspirasi warganya untuk menghargai apa yang diberikan nusantara ini dan memikirkan destinasi-destinasi baru untuk liburan selanjutnya ketika kondisi sudah aman,” ujarnya.

Survei GoLocal Domestic Travel dari Agoda menyatakan, 76% warga Indonesia sudah siap bepergian dan mengemas tas mereka untuk menjelajahi negeri ini pada 12 bulan ke depan. Kompetisi Permata Kotaku digelar sebagai bagian dari kampanye Agoda GoLocal yang bertujuan untuk membantu wisatawan mengeksplorasi sekeliling mereka, dengan tawaran terbaik dan menghemat hingga 25% di hotel-hotel di seluruh penjuru negeri.

“Agoda amat gembira melihat antusiasme dan konten luar biasa yang diikutsertakan warga Indonesia dalam kompetisi ini, menangkap dengan baik keragaman dan magnet negara ini. Banyak orang menanti bisa mengemas barang mereka untuk bepergian lagi, tapi sebelum itu terjadi, kami berharap hal ini bisa menginspirasi warga Indonesia untuk mulai bepergian ke tempat-tempat yang dekat dan menemukan lebih banyak lagi permata,” kata Gede Gunawan, Country Director Agoda, Indonesia.