Doodle Google Rayakan Kemerdekaan RI

PinkKorset.com – Doodle Google kali ini merayakan kemerdekaan Indonesia bertema keberagaman dan persatuan.

Pada hari ini di tahun 1945, proklamasi kemerdekaan secara resmi menetapkan Indonesia sebagai negra yang bebas dan menuju kedaulatan.

Berdasarkan semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu, doodle hari ini menunjukkan keragaman yang membentuk kesatuan Indonesia. Keragaman tersebut muncul dengan ilustrasi Harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldii (bunga terbesar di dunia), yang menggambarkan keanekaragaman fauna dan flora asli nusantara yang melimpah.

Martcellia Liunic, seniman tamu yang tinggal di Jakarta sekaligus ilustrator doodle ini mengatakan bahwa dirinya tidak hanya menggambarkan perayaan ini dalam ilustrasi untuk Doodle, tetapi juga pentingnya “Bhinneka Tunggal Ika”, yang berarti “persatuan dalam perbedaan”.

Sebagai salah satu masyarakat yang paling beragam secara etnis, Indonesia terdiri dari 1.300 kelompok etnis, dengan setidaknya 95 persen asli nusantara. “Jadi saya juga ingin menggambarkan keindahan alam Indonesia dengan pegunungan, laut, dan beberapa hewannya yang luar biasa seperti Harimau Sumatera dan Bunga Rafflesia Arnoldii,”katanya.

Doodle juga menampilkan Panjat Pinang, salah satu permainan tujuhbelasan terpopuler di Indonesia, yang mengharuskan tim bekerja sama mencapai puncak tiang yang licin unutk memenangkan hadiah.

Lebih dari sekedar permainan, Panjat Pinang juga mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia.

Persatuan yang bisa mendukung satu sama lainnya. Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia!