Google Janjikan US$11 Juta Untuk Indonesia [Google]

Google Janjikan US$11 Juta Untuk Indonesia

PinkKorset.com – Dana tersebut didedikasikan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, dalam bentuk pinjaman modal dan hibah untuk membantu UMKM dan melatih lima ribu anak muda agar mendapatkan pekerjaan di sektor formal.

Dalam acara Google for Indonesia kelima, Google mengumumkan komitmen senilai US$11 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Pinjaman modal sebesar US$10 juta akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan Kiva untuk menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah. Sementara hibah US$1 juta akan diberikan lewat Google.org kepada Plan International untuk menekan pengangguran anak muda di Indonesia.

Indonesia membutuhkan sembilan juta tenaga kerja digital nasional hingga 2035, sehingga dibutuhkan lebih banyak pelatihan-pelatihan untuk mengasah kemampuan SDM di bidang teknologi informasi (TI) yang tak hanya bisa dikejar oleh pemerintah. Sebagaimana diujarkan Presiden RI Joko Widodo saat membuka acara Google for Indonesia, Rabu (18/11/2020), hal ini harus dilakukan bersama-sama antara pemerintah, perguruan tinggi, maupun swasta.

“Saya berharap berbagai inisiatif seperti Google for Indonesia 2020 akan terus bermunculan untuk berkontribusi bagi pengembangan SDM di bidang IT Indonesia, membantu UMKM mengembangkan bisnis dan mampu naik kelas, bangkit dan maju bersama untuk Indonesia maju,” paparnya.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, dalam acara sama menyatakan, Google menyediakan US$10 juta dalam bentuk pinjaman modal untuk membantu pemilik UKM agar lebih siap dalam menghadapi masa sulit ini.

“Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia,” katanya.

Adapun Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menekankan pentingnya mendukung jutaan UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional. “Kami menyambut baik dan sampaikan apresiasi kepada Google yang selama ini telah mendukung pemerintah dalam melaksanakan dua agenda tersebut,” ucapnya.

Ia berharap dengan inisiatif Google tersebut, UMKM dan tenaga kerja produktif Indonesia dapat terbantu untuk terus beraktivitas di tengah pandemi global untuk meningkatkan keahlian digital. “Kita berharap bahwa dengan kegiatan-kegiatan tersebut kita mampu merealisasikan potensi ekonomi digital Indonesia sebesar US$124 miliar di tahun 2025,” tambah Airlangga.