Google Rayakan Ulang Tahun Secara Online

PinkKorset.com – Minggu, 27 September 2020, perusahaan raksasa Google merayakan ulang tahun yang ke-22.

Pada hari ini, Google Doodle menampilkan animasi huruf ‘G’ berwarna biru yang mengenakan topi ulang tahun, makan sepotong kue, dan menjelajahi internet.

Huruf G tersebut tampak sedang melakukan video call dengan huruf lain seperti OO, g, L  dan E. Mereka merayakan ulang tahun dengan cara online karena pandemi virus corona.

Melalui laman resminya, Google menjelaskan asal namanya yang sekarang terkenal.

Nama ini teryata tercetus sekitar tahun 1920. Saat itu, matematikawan Amerika Edward Kasner  yang sedang berjalan di hutan New Jersey, meminta keponakannya yang masih muda, Milton Sirotta, untuk membantunya memilih nama untuk angka yang mencengangkan: 1 diikuti 100 angka nol.

Milton saat itu menjawab Googol.

Istilah itu dua puluh tahun kemudian memperoleh visibilitas luas saat dimasukkan dalam buku yang ditulis bersama Kasner. Buku yang terbit pada 1940 itu berjudul “Matematika dan Imajinasi”.

Googol menjadi istilah matematika yang berarti ’10 yang dipangkatkan 100.

Google sebenarnya didirikan pada September 1998 oleh dua mahasiswa PhD, Larry Page dan Sergey Brin, di asrama mereka di Universitas Stanford California. Hal ini terjadi dua tahun setelah mereka mengembangkan algoritme penelusuran yang dikenal sebagai ‘Backrub’.

Page dan Brin memilih nama Google untuk proyek baru mereka karena mengingat kata ‘googol’. Pada saat World Wide Web masih dalam tahap awal, tujuan mulia Page dan Brin membuat Google adalah untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal.

Meski awalnya dibayangi mesin pencari kompetitornya seperti Yahoo dan Ask Jeeves, Google saat ini telah berkembang menjadi situs web terpopuler di dunia dengan lebih dari 63.000 pencarian dilakukan setiap detik. Kata Google masuk ke Kamus Bahasa Inggris Oxford pada 2006 sebagai kata kerja. Google diartikan sebagai mencari sesuatu secara online. Kata Google juga ditambahkan ke kamus Merriam-Webster.

Tanggal ulang tahun Google mengalami perubahan selama bertahun-tahun tanpa penjelasan. Hingga tahun 2005, Google merayakan ulang tahunnya pada 7 September, yang seharusnya menandai hari perusahaan itu berbadan hukum. Perusahaan sebenarnya mengajukan dokumen pendirian pada 4 September 1998, namun tidak pernah menggunakan tanggal ini sebagai hari ulang tahunnya.

Sejak tahun 2005, Google menandai ulang tahunnya pada 8 September, 26 September, dan baru-baru ini 27 September. Meskipun ada perbedaan pendapat tentang hari jadinya, fakta menarik adalah bahwa Doodle pertama kali diposting pada 30 Agustus 1998, bahkan sebelum Google resmi didirikan.